Ribuan Warga Menyaksikan, Gubri Buka MTQ ke-41 Tingkat Kabupaten Bengkalis -->

Iklan Semua Halaman

Ribuan Warga Menyaksikan, Gubri Buka MTQ ke-41 Tingkat Kabupaten Bengkalis

Tuesday, September 27, 2016

LALULINTASKRIMINALITAS.COM, TANJUNG MEDANG – Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-41 tingkat Kabupaten Bengkalis di Desa Tanjung Medang, Kecamatan Rupat Utara, Sabtu (24/9/2016) malam, berlangsung meriah.

Pembukaan MTQ yang diawali dengan penyerahan piala bergilir dari Bupati Bengkalis Amril Mukminin kepada Ketua Umum Panitia Pelaksana H Heri Indra Putra, dilakukan Gubernur Riau (Gubri) H Arsyadjuliandi Rachman.

Disaksikan ribuan pasangan mata warga Rupat Utara yang memadati lapangan Medang Perkasa Tanjung Mendang tersebut, secara resmi pembukaan MTQ tersebut ditandai dengan penekan sirine oleh Gubri.

Selain Bupati Bengkalis, ikut medampingi Gubri menekan sirine diantaranya Wakil Ketua DPRD Bengkalis Indra ‘Eet’ Gunawan, Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah yang juga Ketua Harian LPTQ Bengkalis H Arianto.

Kemudian, Kapolres Bengkalis AKBP Hadi Wicaksono, Ketua Umum Pelaksana MTQ H Heri Indra Putra, Ketua Majelis Ulama Indonesia H Amrizal, dan Camat Rupat Utara Agus Sofyan.

Andi Rachman, begitu Gubri akrab dipanggil, dalam sambutannya mengatakan, pelaksanaan MTQ merupakan salah satu media dakwa untuk membumikan Al-Qur’an dan syiar Islam dalam kehidupan sehari-hari.

“Karena itu, mari kita jadikan MTQ ke-41 ini sebagai pemicu dan pendorong seluruh umat Islam di Kabupaten Bengkalis, khususnya di Rupat Utara ini untuk menggali, meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan pengamalan Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari,” ajak Andi Rachman.

Sebelum itu, hal senada disampaikan Amril. Mantan Kepala Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir ini mengajak seluruh umat Islam di daerah menjadikan MTQ ke-41 ini sebagai momentum untuk memelihara kesucian Al-Qur'an dan syiar Islam.

“Untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada allah swt. Menjadi sarana dakwah bagi kemaslahatan, serta bagian penting pengamalan nilai-nilai universal Islam. Sebagai mutiara tuntunan hidup yang hakiki, di tengah-tengah keluarga dan masyarakat, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” ujar Amril.

Kemudian dan sesuai tema MTQ ke-41, Amril juga mengajak umat Islam di daerah ini menjadikan Al-Qur’an sebagai landasan spiritual untuk membangun kehidupan yang bermakna dalam rangka mewujudkan masyarakat yang religius, maju dan makmur.

“Serta untuk mempercepat keberhasilan pembangunan. Bukan saja di Kabupaten Bengkalis, tetapi juga di Provinsi Riau,” ajak Amril.

Sementara Heri Indra Putra menjelaskan, MTQ tingkat Kabupaten Bengkalis yang kali pertama digelar di Rupat Utara itu akan berlangsung hingga Kamis (29/9/2016) mendatang.

MTQ ke-41 ini, katanya, diikuti delapan kecamatan dan LPTQ dengan peserta 270 orang, terdiri dari Bengkalis (33 orang), Bantan (33), Bukit Batu (33), Siak Kecil (33), Mandau (32), Pinggir (34 orang), Rupat (29), LPTQ (13) dan Rupat Utara (30).

“Adapun cabang yang dipertandingkan sesuai kategori peserta sebanyak 20 cabang. MTQ ini juga sebagai ajang seleksi untuk MTQ ke-35 tingkat Provinsi Riau, pada Oktober mendatang,” tutup Heri Indra Putra ( mdoG )
hb.