Sejumlah Kecamatan Masih Diselimuti Kabut Asap, Pemkab Rohil Berharap Bantuan Hujan Buatan

Iklan Semua Halaman


MDO TV STREAMING


Sejumlah Kecamatan Masih Diselimuti Kabut Asap, Pemkab Rohil Berharap Bantuan Hujan Buatan

Tuesday, September 6, 2016

LALULINTASKRIMINALITAS.COM, BAGANSIAPIAPI - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir mengharapkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Riau untuk segera melakukan hujan buatan guna mengatasi kebakaran lahan dan hutan yang sedang melanda daerah pesisir itu.

Kepala BPBD Rohil Azhar Achmad di Bagansiapiapi, Senin, mengaku sampai saat ini beberapa kecamatan di Rokan Hilir masih diselimuti kabut asap dan masih ditemukan titik api.

"Berbagai upaya sudah dilakukan namun api tak kunjung padam. Makanya kami minta bantuan agar BPBD Riau segera melakukan hujan buatan," kata Azhar kepada wartawan.

Selain meminta bantuan hujan buatan, Pemkab Rokan Hilir juga mengharapkan agar terus melakukan Water Boombing di kecamatan yang masih dilanda kebakaran lahan dan hutan.

"Sampai hari ini daerah yang masih ditemukan titik api di Rohil yakni Kecamatan Pujud, Tanjung Medan dan Tanah Putih. Tapi kalau di Kecamatan Bangko api sudah padam karena beberapa hari terakhir diguyur hujan," katanya, dilansir inforiau.co.

Dia mengklaim bahwa pihaknya sudah menurunkan petugas dibantu dengan Dinas Kehutanan dan TNI/Polri dalam memadamkan api sejak pertengahan Agustus 2016.

"Memang ada kemajuan karena api berhasil diisolasi dan tidak merembet ke lahan lainnya," kata Azhar yang juga Kepala Pelaksana Satgas Karlahut Rohil ini.

Selain itu Pemkab Rokan Hilir juga mengharapkan kepada masyarakat melakukan Sholat Istisqa sehingga hujan bisa segera turun diseluruh wilayah.

"Sekarang ini hanya tangan Tuhan yang bisa membantu agar api bisa benar-benar padam," tuturnya.

Azhar juga mengingatkan kepada petugas yang berjibaku untuk tetap memikirkan keselamatan saat memadamkan api. Petugas diminta tidak memaksakan diri saat asap tebal dan api tengah menyala dan berada terlalu dekat.

"Keselamatan petugas itu paling utama dan tentunya kita semua tidak ingin terjadi korban jiwa seperti saudara kita Pratu Wahyudi beberapa waktu lalu," katanya mengingatkan.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada pihak TNI/Polri dan pihak lainnya yang tidak henti-hentinya melakukan pemadaman hingga saat ini.

"Mudah-mudahan musim hujan segera tiba agar titik api tidak ada lagi didaerah ini," katanya mengharapkan.
humas