Tumbuhkembangkan Minat Baca, BPUAD Gelar Pameran Perpustakaan dan Arsip -->

Iklan Semua Halaman

Tumbuhkembangkan Minat Baca, BPUAD Gelar Pameran Perpustakaan dan Arsip

Thursday, October 27, 2016

LALULINTASKRIMINALITAS.COM, BENGKALIS.  - Sebagai upaya menumbuhkembangkan minat baca masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis melalui Badan Perpustakaan Umum, Arsip dan Dokumentasi (BPUAD) menggelar Pameran Perpustakaan dan Arsip, Selasa (25/10/2016). Kegiatan yang akan berakhir Jum'at (28/10/2016) ini dipusatkan di halaman kantor BPUA

Dalam pengarahannya, Bupati Bengkalis Amril Mukminin diwakili Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) H Arianto menyambut baik kegiatan pameran perpustakaan dan arsip sebagai wahana untuk menumbuhkan minat baca masyarakat terutama generasi muda.

Diakuinya, saat ini gemar membaca di kalangan generasi muda perlahan-lahan memudar. Kondisi ini tentu menjadi tantangan bagi kita semua, untuk membuat terobosan dan inovasi terbaik.

"Tidak ada kata terlambat untuk membaca, mari kita pasang niat mulai saat ini untuk gemar membaca, yang tidak hanya sebagai hobi tetapi menjadi kebutuhan sehari-hari" ajaknya.

Selain itu, Bupati juga menekankan perpustakaan membuat terobosan agar perpustakaan menarik untuk dikunjungi, misalnya dengan menyediakan buku-buku yang bagus dan terkini, termasuk buku-buku tentang kearifan lokal dan budaya masyarakat.

"Bukan hanya terbatas pada buku pengetahuan, tetapi termasuk buku-buku best seller, buku-buku budaya, serta buku-buku yang sangat dibutuhkan oleh generasi muda dan masyarakat umum" terangnya.

Kemudian, agar perpustakaan tidak hanya tempat penyimpanan buku semata, pihak pengelola harus mampu menerapkan pustaka berbasis ilmu dan teknologi.

Pembukaan kegiatan tahunan yang mengambil tema "membaca cara pintar untuk pintar" tersebut ditandai dengan pelepasan balon ke udara oleh Arianto. Ketua Harian LPTQ Kabupaten Bengkalis ini juga berkesempatan menyerahkan hadiah kepada 10 pengujung terbaik. Dilanjutkan dengan hibah buku dan peninjauan stand.

Sebelumnya Ketua Pelaksana, H Anwar menyampaikan kegiatan ini diikuti 19 stand pameran, meliputi penerbit buku nasional, perpustakaan UPTD, Perguruan Tinggi, perpustakaan khusus Badan Penelitian dan Pengembangan Bengkalis, perpustakaan SMA dan SMP sederajat serta perpustakaan desa.

Selain Plt. Sekda H Arianto, saat pembukaan juga dihadiri Kapolres Bengkalis AKBP Hadi Wicaksono, Dandim 0303 Bengkalis Letkol Inf Rizal Faizal Helmi, Ketua Pengadilan Agama H M Taufik, dan sejumlah pejabat teras lingkup Pemkab Bengkalis. (mdoG)
Humas