Drs.Ubaidillah: Sejarah Berdirinya sekolah SMK N 1

Iklan Semua Halaman


MDO TV STREAMING


Drs.Ubaidillah: Sejarah Berdirinya sekolah SMK N 1

Sunday, January 29, 2017

Lalulintaskriminalitas.com, Tegal - Kepala.Sekolah SMK Negeri 1 Dukuhturi Kota Tegal Drs.Ubaidillah kepada LalulintasKriminalitas saat dikunjungi dikantornya beberapa waktu lalu panjang lebar menceritakan sejarah sekolahnya.

Dikatakannya kronologis  SMK Negeri 1 Dukuhturi Kota Tegal mulai pembentukan panitia awalnya sejak tanggal 15 september 1956 yang diketua oleh Bapak Soewargo dengan nama waktu itu adalah Panitia Perintis Pendiri SMEA Negeri Tegal.

Sesuai dengan perintah kementrian Pendidikan dan Kebudayaan pusat Jakarta agar pemerintah Daerah menyediakan fasilitas gedung ,perlengkapan,dan perumahan guru  sebagai persyaratan pendirian SMEA Negeri Tegal.

Ditambahkan Ubaidillah adanya Perubahan nama perintis Pendirian SMEA Negeri Tegal menjadi Badan Kepanitiaan yang dibagi menjadi 3 Badan kepanitiaan pendirian SMEA Negeri Tegal yang bertugas menyusun program kerja secara lengkap.

Menyerahkan gambar gedung pertemuan  Tawang Samudra kepada IPPE dijakarta oleh ibu Umi Kulsum Haditomo selaku utusan pemda komadya Tegal.

Diterimanya SKPT Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tanggal 22 september 1958 no.2144/b/3/ kej.tentang ijin pembukaan SMEA negeri Tegal.Pada saat itu

Pendaftaran calon siswa SMEA negeri Tegal untuk kelas 1 sebanyak 2 kelas oleh Bapak Soerjadi Hardjokoesoemo,kepala SMEP negeri.Tegal.Kemudian dengan Terbentuknya susunan organisasi SMEA negeri Tegal dengan susunan sebagai berikut kepala sekolah Bapak Soedarsono,guru2 diantaranya Bapak Soemiran dari SMEP negeri Tegal.Ibu Dokter.Sarwono,Bapak Slamet,Bapak Koesnandar ,ibu Sundariwati,kepala tata usaha Bapak Soewargo,pegawai tata usaha Taryono, Soepratik,dan Kasturi.

Peresmian pembukaan SMEA negeri Tegal pada tanggal 15 september 1958 bertempat digedung Tawang Samudra Tegal dengan jumlah murid sebanyak 58 siswa yang dibagi menjadi 2 kelas.

Terbentuknya panitia pendirian gedung SMEA negeri Tegal oleh bapak Walikota Tegal (bapak R.Soepoetro Brotodiharjo) dengan ketua bapak A.A.jenie.Dt.Lelo basa.Penerimaan tanah hibah seluas 1.250 m2 berikut bangunan gedung milik moch.Taufik bin Atik,pengusaha pabrik rokok ketos royal. Pemindahan SMEA negeri Tegal dari gedung tawang samudra kegedung  baru  hasil hibah dari bapak Moch.Taufik yang berlokasi dijalan karangannyar Tegal pada tanggal 17 april 1959 yang selanjutnya direamikan  pembukaannya pada tanggal  27 juni 1959 dihadiri oleh bapak  J.Paat,kepala inspeksi pusat pendidikan ekonomi (IPPE) yang mewakili kementrian pendidikan dan kebudayaan.

Selanjutnya perkembangan SMEA negeri Tegal mengalami perubahan  nama dan wilayah pemerintahan daerah sehingga  akhirnya menjadi UPTD SMK Negeri  1 Dukuhturi..

Adapun program keahlian yang ada masih tetep ada 3 program keahlian yaitu program keahlian akuntasi,keahlian administrasi perkantoran,serta program keahlian pemasaran.SMK negeri 1 dukuhturi selalu berupaya melengkapi sarana dan prasarana dan berbagai laboratorium yanh dibutuhkan oleh ketiga program keahlian termasuk adanya Business Centre dan iantin kejujuran.

Menyikapi animo masyarakat yang begitu besar ,maka sejak tahun pelajaran 2013/2014 SMKn 1 dukuhturi  membuka jurisan baru  yaitu tekhnik komputer dan jaringan  sebanyak 2 kelas .Sampai saat ini beberapa fasilitas serta sarana dan prasarana untuk menunjang  proses pembelajaran  SMK negeri 1 dukuhturi  selalu ditambah antara lain.adanya laboratorium IPA,fisika dan laboratorium  komputer untuk masing-masing jurusan. melengkapi  laboratorium manual yang sebelumnya telah ada.

Ditahun  2014 sd 2015 SMK Negeri 1 Dukuhturi  membuka jurusan baru yaitu multimedia  sejumlah dua rombel.Saat ini SMK negeri 1 dukuhturi terus melaksanakan pembangunan sarana dan prasarana untuk menunjang  sekuruh proses belajar mengajar.

Sampai dengan saat ini SMK Negeri 1 Dukuhturi  telah banyak menorehkan prestasi  baik ditingkat kabupaten maupun propinsi jawa tengah. diantaranya prestasi lomba kompetensi siswa, lomba korespondensi, olimpiade akuntansi, pekan olah raga pelajar daerah , duta wisata, duta lingkungan hidup, lomba paduan suara, lomba kesenian, lomba keagamaan dan lain-lain.

Sampai dengan saat ini SMK negeri 1 Dukuhturi sudah berusia 58 tahun.

Ubaidillah SMK Negeri 1 Dukuhturi terus melakukan pembenahan- pembenahan fadilitas dalam rangka mendukung program belajar mengajar,dari pengamatan media ini tampak disisi ruangan dekat kepala sekolah dan runah guru berbagai prestasi diraoh,piagam penghargaan banyak sekali, sekolah ini merupakan primadina kota Tegal.

Semenjak dipegang Ubaidillah sekolah banyak mengalami peningkatan signifikan.Diakhir wawancara Ubaidilah menghimbau kepada masyarakat Kota Tegal agar anaknya sedapat mungkin bisa masuk disekolah SMK Nwgeri 1 Dukuhturi. ( sigiarto )