Jalan Tol Padang-Pekanbaru Segera Dibangun -->

Iklan Semua Halaman

Jalan Tol Padang-Pekanbaru Segera Dibangun

Sunday, January 29, 2017

Lalulintaskriminalitas.com, Padang - Akhirnya, pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru segera direalisasikan setelah sebelumnya sempat tertunda karena belum adanya investor. 

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno usai menggelar rapat koordinasi pembangunan jalan tol trans Sumatera bersama perwakilan Kementerian Keuangan, Hutama Karya, Kementerian Perekonomian, di Gubernuran, Kamis (26/1) mengatakan, pembangunan jalan tol ini akan didanai sebesar 5 triliun atas bantuan Asian Infrastructure Invesment Bank (AIIB).

Ia mengatakan, jalan tol Padang-Pekanbaru yang memiliki panjang 1.415 km ini termasuk kedalam jalur trans Sumatera dan pengerjaannya ditargetkan tuntas di tahun 2024. Untuk pembangunan tol Padang-Pekanbaru, tahap I yang dikerjakan yakni jalur Padang-Sicincin 27 km, dan jalur Pekanbaru-Kampar sepanjang 17 km.

Irwan mengatakan, akan mempersiapkan syarat-syarat agar pencairan uang pinjaman untuk pembangunan yang setara 400 juta US Dollar atau 5 triliun ini segera didapatkan. "Untuk syaratnya akan disiapkan, seperti Amdal, trase, DED," ulasnya.

Selain itu, untuk pembangunan jalan tol Padang-Sicincin ini juga sudah dipersiapkan lahan bahkan sejumlah ruas jalan juga telah pengerasan, serta telah dibangun 4 jembatan penghubung.

Dari total panjang jalan Padang-Sicincin 27 km, 17 km telah tersedia yakni jalur Duku ke Sicincin, dan dari Duku ke Buayan Sicincin juga sudah dimulai sejak lama. Hanya saja tinggal untuk pembebasan lahan guna pelebaran jalan nantinya, dari 36 meter menjadi 60 meter. ( mdoG)
Sumber : Haluan