Jemput 35 Diplomat yang Diusir Obama, Rusia Kirim Pesawat ke AS -->

Iklan Semua Halaman


MDO TV STREAMING


Jemput 35 Diplomat yang Diusir Obama, Rusia Kirim Pesawat ke AS

Sunday, January 1, 2017

LalulintasKriminalitas.com, Washington, DC - Pemerintah Rusia menepati janjinya, sebuah pesawat tiba di Bandara Internasional Dulles, untuk menjemput 35 diplomat mereka yang diusir oleh Presiden Barack Obama.

Pesawat itu terlihat di bandara di Sterling, di luar Washington DC pada Sabtu 31 Desember 2016.

Angkutan spesial itu tiba untuk menjemput diplomat Rusia di berbagai wilayah AS yang diminta Obama dalam 72 jam harus meninggalkan negeri itu.

Dikutip dari Daily Mail, Minggu (1/1/2017), truk U-haul berada di dekat badan pesawat itu membawa barang-barang yang kemungkinan milik para diplomat. Mereka diusir oleh Obama terkait dengan dugaan peretasan terhadap pilpres 2016.

Pada Sabtu pagi, pejabat Rusia mengatakan salah satu diplomat dari konsulat mereka di California adalah koki.

Facebook Konsulat Jenderal Rusia di San Francisco, mengunggah pesan puluhan diplomat diharapkan sudah kembali ke Moskow pada Sabtu.

Sebuah foto jamuan makan malam para diplomat dalam Facebook menuliskan caption, "sangat sulit untuk mempertahankan hubungan diplomatik... tapi kami akan mencoba."

Pesawat Rusia Tiba di AS Jemput 35 Diplomat yang Diusir Obama (AFP)
Konsulat itu juga menyebut keputusan Obama untuk mengusir diplomat di Washington dan San Francisco, sangat aneh dan konyol.


"Apalagi salah satunya adalah koki dan ia harus meninggalkan istri dan anaknya yang masih berumur 2 tahun," tulis Facebook konsulat itu.

"Kami jelas mengutuk keputusan yang tak bersahabat dan tak adil yang diambil oleh pemerintah AS," kata pernyataan resmi konsulat.

Dua dari country Club Rusia, satu di New York lainnya di Maryland, juga ditutup pada Jumat sore.

Salah satu country club langsung dievakuasi setelah pengumuman obama berlokasi di Upper Brookville yang dikenal sebagai Elmcroft di Long Island.

Mereka menutup tempat itu setelah Obama mengatakan akan menutup dua compound di New York yang digunakan untuk melakukan aksi mata-mata.

"Tempat itu kini kosong," kata kepala desa setempat, Elliot Conway mengatakan setidaknya delapan kendaraan dengan plat diplomatik meninggalkan Desa North Shore.

Gold Cost estate, pernah disebut Elmcroft, dibeli oleh Soviet pada tahun 1950-an.

Awalnya orang menebak compound yang ditutup adalah Killenworth di Glen Cove, Long Island. Namun, menurut kepala desa, Reggie Spinello, bukan itu.

"Bertahun-tahun, fasilitas di Killenworth hanya untuk para pengawal. Mereka orang-orang yang merawat dua fasilitas itu," kata Spinello.

"Orang-orang di sana kerap datang ke pantai dan taman-taman. Mereka orang yang cukup tertutup," lanjutnya.

Obama memerintah agar mereka keluar pada Jumat sore. Dan terlihat kemacetan luar biasa di dua lokasi baik Elmcroft maupun Killenworth sebelum deadline jatuh.

Sementara itu, compound lainnya di Maryland berlokasi di Sungai Corsica. Laporan menyebut kawasan seluas 45 acre itu dibeli oleh Uni Soviet pada tahun 1972. Dan sejarahnya digunakan sebagai kawasan rekreasi bagi para diplomat.

Laporan sebelumnya menyebut beberapa diplomat kesulitan membeli tiket untuk keluar dari AS karena musim liburan.

Selain mengerahkan pesawat untuk mengangkut mereka, Presiden Vladimir Putin 'mencoreng' wajah Obama dengan tidak membawa masalah ini ke ranah lebih tinggi.

Bahkan, ia mengundang diplomat AS dan keluarganya untuk merayakan pesta di Kremlin. Selain itu, ia mengatakan akan menunggu Donald Trump naik jadi presiden sebelum memutuskan apa yang ia lakukan dengan kebijakan pengusiran itu.

Sumber :Liputan6.com