Kadiskes Bakal Siapkan SDM di 20 Puskesmas

Iklan Semua Halaman


MDO TV STREAMING


Kadiskes Bakal Siapkan SDM di 20 Puskesmas

Wednesday, January 25, 2017

lalulintaskriminalitas.com, Rohil - Kepala Dinas Kesehatan Rokan Hilir Hj Ners Dahniar S.Kep.M.Kes bertekat akan mempercepat Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) sejak dirinya menjabat sebagai Kadiskes Rohil. Salah satunya akan mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) untuk 20 Puskesmas se-Rokan Hilir. "Minimal bulan ini harus clear secara konsep," tegasnya kepada wartawan di Bagansiapiapi Senin (23/1).

Dikatakannya bahwa persiapan itu khususnya di Diskes untuk ke 20 Puskesmas mulai dari konsepnya, peraturan, ketetapan sampai kepada sumberdayanya harus selesai. BLUD ini berfungsi bagaimana meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. "Meningkatkan layanan tentunya kita harus meningkatkan fasilitasnya, sumber dayanya, dan ini sejalan dengan anggaran dan BLUD ini tidak harus menunggu APBD disahkan," katanya.

Menurut Dahniar fasilitas yang harus dilengkapi untuk meningkatkan pelayanan seperti ada tempat pemeriksaan labor dan peralatan yang canggih, terutama manusianya juga harus disipakan dan ia bertekat akan melakukan pendampingan.

Dikatakan Dahniar bila BLUD ini sudah berjalan maka pertugasnya sangat gampang untuk dikenadalikan sebab mereka yang di BLUD itu sudah punya remunasi dan bila tidak masuk sekian hari maka mereka akan di potong. Dahniar yakin bila BLUD ini berjalan sangat mudah dijalankan dan kemudian Puskesmas tidak tergantung anggaran Puskesmas dari BLUD itu sudah bisa," katanya.

"Kalau ini berjalan akan bisa berjalan dengan sendirinya sesuai aturan dan Puskesmas bisa merencanakan apa yang menjadi tugas pokok di Puskesmas, artinya dana itu tidak kembali lagi akan tetapi hanya laporannya saja," jelasnya.

Dahniar minta kepada Puskesmas untuk menjalankan BLUD,sebab Puskesmas tidak terlalu bergantung kepada anggaran dari APBD. Namun katanya baik mengenai harga maupun standah tetap harus dijalankan sesuai standar yang ada," katanya. (Zai/mdoG)
Sumber : Riauaktual.com