Plt Sekda Bengkalis Minta Kepala SKPD Rekam Aspirasi

Iklan Semua Halaman


MDO TV STREAMING


Plt Sekda Bengkalis Minta Kepala SKPD Rekam Aspirasi

Wednesday, February 22, 2017
82354194158-2(1)_okPlt Sekda Arianto (Tengah) bersama Wakil Ketua DPRD Bengkalis, Indra Gunawan dan Kepala BAPPEDA, Jondi Indra Bustian, saat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, pada pembukaan Forum Konsultasi Publik, Senin (20/2/2017).



Lalulintaskriminalitas.com,Bengkalis - Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Bengkalis, Arianto minta Kepala SKPD untuk merekam aspirasi dan menganalisa kemungkinan yang bisa diimplementasikan dalam rencana pembangunan daerah.

Demikian dikatakan Arianto membacakan sambutan Bupati Bengkalis, Amril Mukminin saat membuka Forum Konsultasi Publik (FKP) Dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Bengkalis tahun 2018, di Gedung Daerah Datuk Laksamana Raja Dilaut, Senin (20/2/2017).

Dikatakannya, Forum Konsultasi Publik, merupakan wadah bagi Pemerintah Daerah untuk mendengar masukan dan gagasan langsung dari masyarakat, sebagai wujud sinergitas dalam membangun daerah.

Lebih lanjut, Arianto mengatakan, FKP bagian dari proses tahapan Musyawaran Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Bengkalis tahun 2017, yang sudah dituangkan dalam Undang-undang Nomor 2004, tentang sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Peraturan Pemerintah Nomor 8 tahun 2008, tentang tahapan dan tata cara penyusunan, pengendalian dan evaluasi rencana Pembangunan Daerah.

“Menyikapi kondisi besarnya pembangunan dengan sumber dana yang semakin terbatas. Tidak bisa dinafikan, sejak tiga tahun terakhir Kabupaten Bengkalis sebagai daerah yang sumber pembiayaan pembangunannya sangat dipengaruhi oleh Dana Bagi Hasil Migas. Untuk itu, diprioritaskan tahun 2018 mendatang, pembangunan berbasis keunggulan dan potensi daerah sebagai gerbang membangun seluruh wilayah dan seluruh sektor dapat dilakukan secara berimbang dan profesional,” Imbuhnya.

Sesuai Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) pada tahun 2018 memiliki 8 prioritas pembangunan daerah. Yakni memperhatikan, pembangunan dan peningkatan infrastruktur pendukung empat gerbang, peningkatan kualitas pelayanan publik dan penyelenggaraan pemerintahan, penataan lingkungan dan penataan kota, pengembangan usaha ekonomi kreatif, pengembangan nilai-nilai budaya dan keagamaan, peningkatan sumber daya manusia yang berdaya saing, peningkatan kemandirian desa berbasis potensi sumber daya alam terbarukan dan peningkatan iklim investasi. Jelas Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan ini.

Untuk mewujudkan Kabupaten Bengkalis sebagai model negeri maju dan makmur, maka Kabupaten Bengkalis akan dibagi menjadi empat pusat kegiatan atau disebut dengan gerbang.

“Yakni Gerbang Utama, memfokuskan pulau Bengkalis menjadi pusat ibu kota, Gerbang Laksamana, memfokuskan Kecamatan Bukit Batu, Kecamatan Bandar Laksamana dan Kecamatan Siak Kecil sebagai kawasan industri wisata religius. Gerbang Permata, memfokuskan Kecamatan Mandau, Bathin Solapan, Pinggir dan Talang Mandau sebagai pusat pengembangan, pertambangan, perdagangan, peternakan, pertanian dan perkebunan industri dan Gerbang Pesisir, memfokuskan Pulau Rupat menjadi pusat pengembangan pariwisata unggulan,” Ungkapnya.

Turut hadir dalam FKP tersebut, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis, Indra Gunawan, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Jondi Indra Bustian, dan sejumlah Kepala SKPD di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis. (hmsbkls/mdoG)