Ratusan Tahanan Kabur, Rutan Pekanbaru Dikerumuni Warga -->

Iklan Semua Halaman

Ratusan Tahanan Kabur, Rutan Pekanbaru Dikerumuni Warga

Saturday, May 6, 2017
Lalulintaskriminalitas.com, Pekanbaru - Suasana di Rutan Kelas IIB Pekanbaru, Jl Sialang Bungkuk, Tenayan Raya, masih ramai didatangi warga. Petugas rutan juga masih mengevakuasi tahanan.Dari pantauan, ratusan orang masih memadati depan pagar rutan, di Jl Sialang Bungkuk, Jumat (5/5/2017). Masyarakat masih antusias menyaksikan kondisi di rutan tersebut.

Sedangkan jalan juga masih dipadati kendaraan aparat keamanan TNI dan Polri. Akses jalan menuju rutan dari Jl Hangtuah masih ditutup karena banyak kendaraan yang parkir di tepi jalan.

Hingga menjelang magrib, petugas rutan masih mengevakuasi tahanan ke lapas lain. Tahanan secara bertahap dievakuasi dengan mobil tahanan menuju lembaga pemasyarakatan (LP) di Jl Kapling, Pekanbaru.

Polda Riau menduga persoalan pungutan liar juga memicu kemarahan tahanan Rutan Pekanbaru sehingga akhirnya kabur. Pungli ini diduga dilakukan oknum sipir.

"Banyak faktor yang menyebabkan terjadi keributan itu. Selain soal over kapasitas, ada juga dugaan pungli," kata Kabid Humas Polda Riau Kombes Guntur Aryo Tejo.

Polisi, menurut Guntur, masih mendalami dugaan pungli tersebut. Selain itu, diduga ada persoalan pembedaan perlakuan antara tahanan pidana umum dan tahanan pidana korupsi.
(cha/fdn/gmd)

 

Source: detik.com