Pembukaan Acara Lomba Pacu Sampan Tradisional Desa Balai Makam 2017 di Taman Wisata Danau Kualo Mudo

Iklan Semua Halaman


MDO TV STREAMING


Pembukaan Acara Lomba Pacu Sampan Tradisional Desa Balai Makam 2017 di Taman Wisata Danau Kualo Mudo

Saturday, August 26, 2017
Lalulintaskriminalitas.com, Duri- Dalam rangka memeringkati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 72 tahun Panitia Kualo Mudo Lestari Jalan Lintas duri Dumai KM 6 Desa Balai Makam Kecamatan Bathin Solapan Sabtu ( 26/08/17 ) melaksanakan dan sekalis membuka acara Festival Budaya Lomba Sampan Tradisional di ikuti di berbagai daerah,Kaputen Rokan Hilir, Kabupaten Bengkalis,kecamatan Mandau dan kecamatan Pinggir.

Kegiatan dilaksanakan di Taman Rekreasi dan Pariwisata Kualo Mudo Lestari,Peserta 50 orang,terbagi 25 tim,Lomba terbuka untuk umum,Pria usia 16-50 tahun,1 tim terdiri dari 2 orang,Biyaya regkristrasi Rp.150.000.

"Yang menjadi juara dalam lomba sampan tradisional.  mendapat hadiah dari panitia berupa uang tunai,dan saya merasa sangat berterimakasih kepada masyarakat yang antusias untuk mengikuti perlombaan ini dalam rangka Hut RI ke 72 ini,ujar Ade Saputra selaku panitia pelakasana acara tersebut.

Dengan antusiasnya masyarakat mengikuti perlombaan pacu sampan bagi peserta yang juara 1 mendapat hadiah  uang sebesar Rp.2.500.000. Juara II mendapat hadiah sebesar Rp.2.000.000. Juara III mendapat hadiah sebesar Rp. 1.500.000. Juara harapan,1,2,3 Rp.500.000.

Perlombahan ini dilaksanakan selama dua hari,tanggal,26 s/d 27 Agustus 2017,panitia juga menyediakan dokter medis dari Dinas kesehatan Pukesmas desa balai makam dan pihak keamanan di bantu TNI dan Polri.

"saya berharap selaku panitia, kalah menang itu sudah hal yang biasa dalam sebuah pertandingan,yang penting suportipitas,sebab tujuan kami panitia menyelenggarakan perlombaan ini, untuk memeryakan HUT RI yang Ke 72,dan untuk menjalin tali silaturhmi antar daerah, dengan adanya kegiatan seperti ini, sesama peserta bisa saling kenal satu sama lainya,yang perlu kita syukuri ialah,masih ada tradisi lomba sampan tradisional,khususnya di desa balai makam ini,untuk itu saya mengajak kepada pemerintah dan masyarakat bersama sama menjaga dan melestarikan Tradisi budaya sampan tradisional ini,"Jelas Ade Saputra

Hadir dalam acara tersebut, Camat Bathin Solapan,H. Iskandar, SE,hal ini diwakili Kasi tata Pemerintah kecamatan,Amiruddin,SH.kepala Desa  Balai Makam,Agushar,Babinsa,Kopda, Heri,Kamtibmas,Aiptu.Yenrinal,Ketua Panitia,Ade Saputra,SIP.serta dewan juri dari Dinas Pendidikan Kec, Mandau,Idrus.

Kepala desa Balai makam,Agushar, dalam sambutanya mengatakan,saya merasa bersyukur kepada panitia kualo mudo lestari,yang mana sudah susah payah berusaha untuk  persiapan demi terlaksananya Festival Budaya lomba sampan tradisional,sehingga bisa menyatukan 50 peserta dari berbagai daerah,saya selaku kepala desa mengucapkan terima kasih setinggi tingginya kepada panitia,hingga bisa terelaksana acara ini dengan baik, sekali lagi saya ucapkan selamat perlomba semoga menjadi juara yang terbaik,"Kata Agushar

Sementara itu kasi tata pemerintahan kecamatan bathin solapan Amiruddin. SH,dalam sambutanya menyampaikan saya ucapkan aprisiasi sebesar besarnya kepda kepala desa,yang sudah mendukung acara ini,Festival Budaya Lomba Sampan Tradisional ini semua berkat kerja sama pemerintah desa dengan panitia pelaksana, sehingga terwujud acara ini,perlu saya sampaikan bahwa pak camat tidak dapat hadir ditengah-tengah kita, disebabkan beliau ada acara yang tidak dapat ditinggalkan.

Namun begitu,saya sebagai pengganti hadir disini,saya berharap kegiatan lomba sampan tradisional ini adalh aset bangsa wajib kita lestarikan kita jaga dari kepunahan dengan adanya perahu sampan ini berarti kita sudah melestarikan budaya kita perlombaan ini janganlah sekedar pelombaan tapi yang penting terus kita lestarikan  harapan saya tahun 2017/2018 lebih ditingkatkan lagi sebab kegiatan ini baru peratama kali diadakan di kecamatan Bathin Solapan

di kecamtan baru yang belum lama mekar dari kecamatan Mandau  kecamatan bathin solapan mengomandoi 13 desa tentunya saya selaku kasi tata pemerintahan kecamatan Sangat mengaspirisasi setinggi tingginya selamat perlomba  semoga aman sukses tidak ada halangan acara ini hingga selesai  Dengan menyebut nama allah  Bismillahirrohmanirrohim,acara pebukaan Pestival Budaya Lomba Sampan Tradisional saya buka, Kata Amiruddin,SH. (DEW)