Lolos dari Rutan Riau, Tahanan Lewati Penjaga Tanpa Ketahuan

Iklan Semua Halaman


MDO TV STREAMING


Lolos dari Rutan Riau, Tahanan Lewati Penjaga Tanpa Ketahuan

Saturday, September 2, 2017

Lalulintaskriminalitas.com, Riau - Seorang tahanan kasus narkoba dengan mulusnya berhasil keluar dari Rumah Tahanan Negara (Rutan) Cabang Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Riau. Bak di film-film, tahanan titipan Polsek Bangko berinisial ART itu melewati beberapa petugas jaga tanpa ketahuan.

Petugas baru sadar ketika warga Jalan Pusara RT 004 / 001 Kepenghuluan Bagan Jawa, Kecamatan Bangko, Rokan Hilir itu sudah berada di luar lingkungan Rutan. Upaya pengejaran pun sia-sia dan ART pun menjadi buronan Rutan sekaligus polisi.

Hingga kini belum ada keterangan resmi dari pihak Rutan kepada wartawan. Petugas setempat beralasan masih fokus mencari tahanan yang masuk sel isolasi itu.

Sementara Kapolres Rokan Hilir AKBP Hendri Posma Lubis melalui Paur Humas Polres Rokan Hilir, Ipda Yusran Pengeran Chery, dikonfirmasi membenarkan adanya kejadian tersebut.

"Tahanan ini merupakan titipan Polsek Bangko dan kabur pada Senin 20 Maret 2017 siang kemarin," kata Chery kepada wartawan, Selasa (21/3/2017).

Data diperoleh Chery, tahanan ini sebelum kabur terlebih dahulu mencuri pakaian milik tahanan lainnya. Dia memilih pakaian tahanan dalam kategori WBP alias seragam napi berkelakuan baik dalam proses asimilasi. Napi berpakaian ini dalam hitungan hari sudah bisa bebas, sehingga tak mungkin melarikan diri.

Setelah memakai pakaian ini, ART kemudian melalui beberapa petugas di penjagaan. Petugas tak menyadarinya karena pada saat itu petugas dari dapur juga disibukkan menjemput sembako untuk keperluan napi.

"Kesibukan petugas ini dimanfaatkan tahanan tadi dan keluar dari Rutan, apalagi saat itu pintunya terbuka karena aktivitas bongkar muat sembako," terang Chery.

Keluar dari lingkungan Rutan, petugas yang sadar langsung mengejar. Tapi ART sudah tak terlihat lagi.

"Saat ini petugas kepolisian tengah mencari keberadaan tersangka bersama petugas Rutan," sebut Chery.

Adapun beberapa lokasi yang dicurigai tempat ART lari sudah didatangi, termasuk rumah keluarganya. Hanya saja, tahanan kabur itu belum berhasil ditemukan.

"Kita berharap kepada tahanan yang melarikan diri dari Rutan Cabang Bagansiapiapi itu untuk menyerahkan diri. Keluarganya juga diharap bekerjasama," ucap Chery.
Sumber : Liputan6.com