Dansatgas TMMD Reguler 100 Kodim 0713 Irup Kesaktian Pancasila -->

Iklan Semua Halaman

Dansatgas TMMD Reguler 100 Kodim 0713 Irup Kesaktian Pancasila

Monday, October 2, 2017
Lalulintaskriminalitas.com, Brebes,- Brebes Bertempat di Lapangan Upacara SMA N 1 Banjarharjo telah dilaksanakan Upacara Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2017 yang diikuti kurang lebih 1000 orang pelajar, 60 Guru dan Staf Pengajar serta 50 orang Personel gabungan dari Satgas Lapangan TMMD Kodim 0713/Brebes. Banjarharjo Minggu (1/10).

Di hari Ke-5 TMMD Reguler 100 ini yang bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila, Pasiter Kodim 0713/Brebes Kapten Inf Sutarno (Dansatgaslap TMMD Reguler 100 Kodim 0713/Brebes) bertindak sebagai Inspektur Upacara.
Dalam amanatnya Kapten Inf Sutarno mengatakan bahwa Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini pada hakekatnya adalah merupakan ungkapan rasa syukur, wujud penghormatan dan penghargaan kita kepada para pahlawan kusuma bangsa yang telah mengorbankan jiwa maupun raganya demi memperjuangkan maupun mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Dewasa ini banyak yang sudah mulai melupakan tentang hari-hari bersejarah bangsa kita. Akan tetapi bagi TNI, hari bersejarah senantiasa diperingati dan dijadikan sebagai momentum untuk melakukan ”refleksi historis”, selalu melakukan introspeksi guna memetik pelajaran ataupun hikmah peringatan tersebut. Sutarno mengajak bersama-sama manunggal dengan TNI untuk memaknai kembali hari lahir dan saktinya Pancasila sebagai wahana untuk mnegamalkan Nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari “Kelima Sila Pancasila sudah mencakup keseluruhan hubungan dengan Tuhan, sesama manusia maupun kehidupan berbangsa dan bernegara”. Lebih lanjut Sutarno menambahkan, Pancasila fleksibel dan selalu dapat menyesuaikan perkembangan jaman, terbukti berbagai upaya dalam menggulingkan Pancasila selalu menemui jalan buntu “Pancasila tetap Sakti”, Pancasila juga selalu sesuai dengan kondisi bangsa Indonesia yang sedang berjuang keluar dari krisis multidimensi dan perkembangan globalisasi, maka memaknai hari Kesaktian Pancasila haruslah kontekstual dengan hal-hal yang positif, sebagai contoh nyata adalah Ibu-ibu Cikuya tidak mau tinggal diam bahu membahu membantu Satgas TMMD Reguler 100 Kodim 0713/Brebes dengan segala bentuk bantuan menurut kemampuan masing-masing. (Aan/Red).
Saya mewakili Bapak Ibu Bupati Brebes dan Dandim 0713/Brebes juga mengucapkan terimakasih atas jerih payah segala bantuannya kepada kami (Kodim 0713/Brebes) dalam mengemban tugas pembangunan Cikuya dalam TMMD Reguler kali ini. (Sugiarto).