Usai diguncang gempa 7,3 Skala Richter, laut selatan Tasikmalaya dipastikan normal

Iklan Semua Halaman


MDO TV STREAMING


Usai diguncang gempa 7,3 Skala Richter, laut selatan Tasikmalaya dipastikan normal

Saturday, December 16, 2017
Gempa di Tasikmalaya. ©2017 Merdeka.com



Lalul;intaskriminalitas.com, Tasikmaslaya - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya menyampaikan kondisi laut di sepanjang pantai selatan Tasikmalaya normal. Meski begitu, tetap mendapatkan pemantauan antisipasi tsunami setelah gempa bumi berkekuatan 7,3 Skala Richter di Tasikmalaya, Jumat (15/12) malam."Meski air laut terpantau normal, warga tetap kita evakuasi," kata Kepala BPBD Kabupaten Tasikmalaya Alfian melalui telepon seluler, Sabtu (16/12) dini hari.

Dia menuturkan, gempa bumi berlokasi di barat daya Kabupaten Tasikmalaya yang terjadi Jumat (15/12) sekitar pukul 23.47 WIB. Meski situasi laut normal, pihak BPBD tetap memberlakukan seluruh warga yang tinggal di pesisir pantai untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman.

"Warga yang ada di sepanjang Pantai Cipatujah dan Cikalong sudah dievakuasi ke dataran yang lebih tinggi," kata Alfian seperti diberitakan Antara.

Alfian mengatakan, BPBD Tasikmalaya sudah menerjunkan personelnya untuk menanggulangi daerah terdampak gempa dan membantu warga yang sedang sakit. Menurut dia, terkait dengan kerusakan akibat dampak gempa sementara ini belum ada laporan jumlahnya.

"Kita masih lakukan pemantauan, belum ada laporan resmi jumlah kerusakan dan korban," kata Alfian.

Untuk diketahui, sebelumnya Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan adanya gempa berpotensi tsunami yang dirasakan di sejumlah wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Yogyakarta pada Jumat (15/12) malam.

Gempa tersebut berkekuatan 6,9 SR dengan episentrum di laut selatan Jawa Barat. Lokasi gempa berada di 11 kilometer barat daya Kabupaten Tasikmalaya, 45 kilometer barat daya Kota Tasikmalaya, 47 kilometer tenggara Garut, 107 kilometer tenggara Bandung, dan 226 kilometer tenggara Jakarta[gil]


 

Sumber : Merdeka.com