Pertamina Kelola Lapangan Migas di Iran Mei 2018

Iklan Semua Halaman


MDO TV STREAMING


Pertamina Kelola Lapangan Migas di Iran Mei 2018

Thursday, March 29, 2018

Lalulintaskriminalitas.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) menargetkan penandatanganan kerja sama dengan Iran berupa investasi di Lapangan Mansouri dapat dilakukan Mei mendatang. Saat ini, Pertamina sedang mencari mitra untuk mengelola lapangan migas tersebut.

Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam menyebut sesuai aturan yang berlaku di Iran, harus ada mitra lokal yang setidaknya memiliki minimal 20% hak di lapangan tersebut.

"Pemerintah Iran kasih kemudahan kalau Pertamina belum dapat mitra sampai awal Mei ya tidak apa-apa, Pertamina dulu yang tanda tangan kontrak," kata Syamsu di Kantor Kementerian ESDM, Rabu (28/3/2018).

Syamsu berharap kerja sama investasi dengan mitra dapat berlangsung sejak awal, sebab bila dilakukan setelahnya dan harus dilakukan sharedown, calon mitra belum tentu mau ikut masuk.

Terkait pengelolaan 80%, Pertamina juga masih memiliki kesempatan untuk bermitra kembali. Hal itu tengah dalam pembahasan, Syamsu enggan menyebut besaran yang kemungkinan akan dikelola Pertamina.

Bila Pertamina telah resmi mengelola blok migas itu, Pertamina akan langsungn melakukan produksi. Syamsu menyebut perseroan akan fokus atas peningkatan produksi minyak bumi. "Akan kami kembangkan, sekarang produksi baru sekitar 60 ribu, mau kami tingkatkan," tutur dia.

Syamsu menambahkan, bila peningkatan produksi dapat dilakukan, dalam lima tahun produksi minyak bisa mencapai 250 ribu barel per hari. Hasil produksi akan bisa dibawa ke kilang dalam negeri, dengan catatan program pengembangan kilang atau Refinery Development Master Plan dan Grass Root Refinery telah rampung.

Syamsu menambahkan pihaknya tengah mencari mitra yang dinilai fleksibel. Tujuannya adalah menghindari sanksi dari Amerika Serikat atas kerja sama dengan Iran tersebut. (gus/gus)
Sumber : CNBC Indonesia