Membangun, Merata dan Terjangkau Untuk Layani Kesehatan Masyarakat

Iklan Semua Halaman


MDO TV STREAMING


Membangun, Merata dan Terjangkau Untuk Layani Kesehatan Masyarakat

Wednesday, May 15, 2019

Bupati Rokan Hilir H.Suyatno menanda tangani prasasti peresmian penggunaan Puskesmas Bangko
 .
Lalulintaskriminalitas.com, Rohil – Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir dalam menjalankan visinya menggambarkan harapan atau keinginan mewujudkan kehidupan masyarakat yang Madani, Mandiri dan Sejahtera. Masyarakat Sejahtera adalah terpenuhinya keinginan dan harapan hidup yang lebih baik yaitu kemampuan memenuhi kebutuhan konsumsi dasar (pangan, sandang dan papan), kemudian kemudahan memperoleh akses terhadap kebutuhan hidup dasar (kesehatan, pendidikan, sanitasi air bersih dan transportasi)

Untuk memenuhi akses terhadap kebutuhan hidup dasar di bidang kesehatan, maka Pemerintah kabupaten Rokan Hilir meningkatkan pembangunan di bidang kesehatan. Pembangunan kesehatan ini bertujuan agar semua lapisan masyarakat dapat memperoleh pelayanan kesehatan secara merata dan terjangkau. Dengan tercapainya tujuan tersebut diharapkan derajat kesehatan masyarakat lebih baik dan memperoleh kehidupan yang sehat dan produktif.

Sarana dan prasarana kesehatan terus di tingkatkan oleh Pemerintah kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dimana menurut data badan pusat stastistik (BPS) pada buku Kabupaten Rokan Hilir dalam angka tahun 2018, jumlah fasilitas kesehatan menurut kecamatan di Kabupaten Rokan Hilir, 2017 (Tabel 4.2.1/hal 116) telah ada 5 unit rumah sakit yang berlokasi di Kecamatan tanah Putih, kecamatan Bangko dan kecamatan Bagansinembah. Kemudian ada 20 unit Puskesmas dan 79 unit Puskesmas pembantu. Dimana jumlah tempat tidur di seluruh rumah sakit sebanyak 304 tempat tidur dan sebanyak 219 tempat tidur di total seluruh puskesmas. Tentunya tahun 2018 hingga tahun 2019 ini pembangunan pelayanan kesehatan lebih meningkat lagi.

Teks Foto: Peresmian penggunaan gedung Puskesmas yang baru dengan menekan bel secara bersama-sama.

 Seiring berjalannya tahun dan kepadatan penduduk di kecamatan Bangko, pada tahun 2018 di bangun puskesmas yang dapat meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Bangunan Puskesmas Bangko yang lama, telah ada sejak tahun 1976 lalu kemudian di pugar dan dibangun Bangunan baru yang lebih bagus lagi.

Acara peresmian penggunaan Gedung Baru Puskesmas Bagansiapiapi, Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir yang berlokasi di jalan Jambu Bagansiapiapi tersebut di gelar pada Selasa (08/01/2019). Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Rokan Hilir H. Suyatno AMP. Turut juga hadir Kepala bidang pelayanan Kesehatan Provinsi Riau dr Yohanes, ketua DPRD Rohil Nasruddin Hasan, Wakil Bupati Kabupaten Rokan Hilir Drs Jamiluddin, Sekretaris Daerah Kabupaten Rokan Hilir Drs H.Surya Arfan MSI, Kejari Rokan Hilir Gaos Wicaksono SH MH, Kapolres Rohil yang diwakili kapolsek Bangko Kompol Jamesrianov syaloom Rajagukguk Sik, Kepala puskesmas Bagansiapiapi dr Erwinto, Kepala Dinas Kesehatan Hj Dahniar Mkes, Kepala Dinas/Badan di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Rokan Hilir Suwandi, Sejumlah Tokoh Agama, sejumlah Tokoh Masyarakat dan tokoh pemuda. Tampak diantara undangan yang hadir tersebut Tokoh Masyarakat Bagan Jawa Rasyid Abizar dan Ketua LPTQ Rohil Syafruddin.

Peresmian Penggunaan Gedung Puskesmas tersebut ditandai dengan penguntingan pita merah yang dilakukan oleh Ketua TP PKK Rohil Hj Mardiana Suyatno didampingi Hj Nur Ainun Jamiludin beserta Ketua DWP Rohil, Hj Lenna Puspasari Surya Arfan.

Orang nomor satu di Rohil, H.Suyatno mengatakan bahwa pembangunan puskesmas dilakukan karena niat masyarakat yang ingin puskesmas baru dan bisa rawat inap.

“Akhirnya puskesmas yang cantik ini berdiri megah saat ini,”terang H.Suyatno.

Bupati Rohil ini menjelaskan, bangunan puskesmas yang tercantik ini berdiri di daerah lingkungan padat penduduk. Dikatakannya, sebelumnya lokasi ini merupakan puskesmas yang ada sejak tahun 1976 silam.

“Kami ucapkan terima kasih kepada pemerintah Provinsi Riau maupun Pusat, yang telah mendukung sehingga gedung dapat dimanfaatkan oleh masyarakat,”tuturnya.

Teks Foto: Pengguntingan pita masuk ke puskesmas dilakukanoleh ibu TP PKK Rohil


Bupati juga berharap pada tahun 2019 ini mendapatkan bantuan puskesmas yang terrletak dibatu 6 komplek perkantor batu 6 melalui dana pusat dengan dana berkisar 7 miliar dan harapannya pembangunannya puskesmas tersebut terlaksana.

Bangunan gedung puskesmas ini letaknya strategis. Puskesmas yang baru ini di daerah pesisir yang merupakan wilayah berbatasan dengan Selat Melaka, negara Malaysia . Tentunya kecantikan bangunan puskesmas rawat inap ini bakal ramai dikunjungi pasien yang ingin membutuhkan pelayanan kesehatan, apalagi di saat even kelender nasional di gelar dikota Bagansiapiapi.

Orang nomor satu di Rohil, H.Suyatno dalam kesempatan ini menegaskan bahwa meningkatnya kesehatan masyarakat tergantung dari perawat. Oleh sebab itu diharapkan perawat memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Diharapkan oleh bupati Rohil ini, dalam memberikan pelayanan dengan berikan senyum-senyum simpul, serta memberikan ucapan ramah tamah.

“Karena kita, berasal dari unsur pelayan,melayani masyarakat,”tutur H.Suyatno

Bupati Rokan Hilir menghimbau kepada petugas puskesmas agar dapat meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Kemudian itu, kata Ia, suksesnya pembangunan gedung puskesmas ini juga tidak terlepas dengan iringan dan dukungan TP4D Kejaksaan, sebagai teknis pengawasan sehingga gedung Puskesmas diresmikan.

“Mari berikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Berilah pelayanan kesehatan yang terbaik kepada masyarakat. Kita tidak mau lagi mendengar ada pelayanan kesehatan yang tidak baik. Baik itu di rumah sakit maupun di puskesmas,”pungkas H.Suyatno. (Adv/Mr.D)