Kapolda Riau Puji Bripka (ANM) Hendra Sibarani Saat Pemakaman: Beliau Sosok yang Menginspirasi

Iklan Semua Halaman


MDO TV STREAMING


Kapolda Riau Puji Bripka (ANM) Hendra Sibarani Saat Pemakaman: Beliau Sosok yang Menginspirasi

Monday, December 23, 2019
Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi SH SIK MSI memimpin upacara pemakaman jenazah almarhum Bripka (ANM) Hendra Saut Parulian Sibarani. (F:ist)

LALULINTASKRIMINALITAS.COM, PEKANBARU – Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi SH SIK MSI memimpin upacara pemakaman jenazah almarhum Bripka (ANM) Hendra Saut Parulian Sibarani di Taman Makam Bahagia Kota Pekanbaru, Minggu (22/12/2019).

Saat peti jenazah Bripka (ANM) Hendra Saut Sibarani sebelum disemayamkan di Polda Riau untuk dilakukan upacara pelepasan jenazah. Selanjutnya peti jenazah pun dibawa menuju Taman Makam Bahagia Kota Pekanbaru dengan iring-iringan yang berjalan kaki.

Pemakaman tersebut juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Edy Natar Nasution, Forkopimda Riau dan peserta upacara lainnya dari berbagai kesatuan TNI-AD, AU, Brimob dan Samapta Polda Riau, baik Pamen, Pama maupun Bintara dan Tamtama.

Kapolda Riau mengatakan bahwa almarhum Bripka Hendra Saut Parulian Sibarani gugur pada hari Rabu tanggal 18 Desember 2019 pada saat melaksanakan di wilayah Dekai, Polres Yahukimo dalam operasi dengan sandi Aman Nusa 1-2019.

“Semoga pengorbanan almarhum akan tercatat sebagai sejarah bagi bangsa Indonesia dan masyarakat Riau pada khususnya,” tambahnya.

Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Efendi SH SIK MSI menyerahkan tali asih kepada istri almarhum Bripka (ANM) Hendra Saut Parulian Sibarani. (F:ist)

Menurut Kapolda Riau, upacara yang dilaksanakan pagi ini adalah sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan dari negara atas jasa dan pengorbanan almarhum semasa hidupnya. Dalam mengabadikan diri kepada bangsa dan negara melalui tugas di kepolisian, almarhum dikenal sebagai sosok yang menginspirasi.

“Bripka (ANM) Hendra Saut Parulian Sibarani adalah pahlawan bagi kami. Dan almarhum adalah sosok yang menginspirasi,” tambahnya.

Kapolda juga mengatakan sebagai penghormatan pada almarhum, Polda Riau telah memberikan tali asih berupa sebuah rumah kepada ahli waris atas dedikasinya selama berdinas di Brimob Polda Riau. Tali asih ini diberikan secara simbolis kepada keluarga almarhum dan diterima oleh isteri almarhum di ruang kerja Kapolda Riau, sebelum upacara pemakaman dilaksanakan. Pada kesempatan ini, Kapolda juga menyebutkan bahwa masih ada pasukan BKO Polres Yahukimo yang berasal dari Polda Riau.

“Jumlahnya sekitar tiga ratusan personil Brimob Polda Riau. Dan karena kondisi di Papua sudah aman direncanakan akan kembali ke Polda Riau pada tanggal 28 dan 30 Desember nanti,” ujar Agung.

AIrjen Pol Agung menjelaskan tentang kembalinya pasukan Brimob Polda Riau dalam dua gelombang ini karena alasan telah selesai melaksanakan tugas dalam Operasi Aman Nusa 1-2019. Ketika ditanya tentang pengusutan kasus gugurnya Bripka (ANM) Hendra Saut Parulian Sibarani, Agung mengatakan bahwa penanganan kasusnya berada di Polres Yahukimo Polda Papua.

Ditempat terpisah, Kabag Ops Sat Brimob Polda Riau Kompol Rivana selaku atasan dari Bripka (ANM) Hendra Saut P Sibarani mengatakan bahwa almarhum Hendra adalah sosok periang. Ia dikenal dekat dengan rekan-rekannya di Sat Brimob karena sifatnya yang gampang akrab dan selalu ramah dalam bergaul.

“Kepada atasan, almarhum itu selalu menunjukkan sikap yang hormat. Kepada juniornya di Sat Brimob, ia adalah sosok yang perhatian dan jadi tempat bertanya bagi adek-adek letingnya. Itu karena ia memiliki sifat yang ramah, karena itu juga semua juniornya dekat dengannya,” katanya. (sbt/ds)