Ratusan Polisi Antar Personel Brimob yang Gugur di Papua ke Pemakaman -->

Iklan Semua Halaman

Ratusan Polisi Antar Personel Brimob yang Gugur di Papua ke Pemakaman

Sunday, December 22, 2019

Lalulintaskriminalitas.com, Pekanbaru - Kapolda Riau Inspektur Jenderal Polisi Agung Setya Imam Effendi bersama ratusan anggota Polri mengantar pemakaman Brigadir Kepala (Anumerta) Hendra Saut Parulian Sibarani, anggota Brigade Mobil yang gugur saat melaksanakan pengamanan di Papua.

Iring-iringan yang melibatkan para perwira tinggi polisi, perwira menengah, hingga bintara dimulai dari Markas Polda Riau ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Dharma di Jalan Jenderal Soedirman, Kota Pekanbaru, Minggu (22/12/2019) pagi.

"Kami dengan seluruh personel mengantar teman, pahlawan kami, Brigadir Kepala Anumerta Hendra Saut Parulian Sibarani yang hari ini dimakamkan," kata Kapolda Riau.

Hendra merupakan personel Brigade Mobil Polda Riau yang gugur saat melaksanakan pengamanan di Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua 18 Desember  2019. Hendra tergabung dalam Operasi Aman Nusa I di Bumi Cenderawasih, Papua, sejak Agustus 2019

Pemakaman Hendra yang diselimuti suasana haru tersebut dilaksanakan secara militer di TMP Pekanbaru. Hendra sempat disemayamkan selama dua malam di kediaman orangtuanya, Jalan Fajar, Labuh Baru, Kota Pekanbaru setelah tiba di Pekanbaru pada Jumat lalu

Dalam amanatnya Kapolda mengatakan bahwa Brigadir Kepala Anumerta Hendra telah membuktikan diri menjalankan tugas negara sebagai sebuah kehormatan.

"Kita semua menjadi saksi Brigadir Polisi Kepala Anumerta telah membuktikan dirinya menjalankan kehormatan secara moral dan berintegritas. Kita mengetahui dedikasi, loyalitas, dan keteguhan almarhum terhadap tugas sebagai anggota Brimob," kata Kapolda Agung Setya Imam Effendi.

Masih dalam amanatnya, Kapolda pun meminta seluruh personel Brigade Mobil Polda Riau untukterus menegakkan kepala. Gugurnya Bripka Anumerta Hendra, katanya, bukan berarti telah berakhir semuanya.

"Jangan mundur, jangan berhenti, dan tetap gerak," katanya menegaskan seperti dikutip Antara.

Kenaikan Pangkat

Kapolda menyebutkan terdapat sekitar 300 personel Brimob di Polda Riau yang masih melaksanakan tugas di Papua. Sesuai dengan rencana, kata Kapolda, mereka akan kembali ke Bumi Lancang Kuning Riau dalam dua gelombang, yakni pada tanggal 28 dan 30 Desember 2019.

Brigadir Hendra merupakan anggota Ton 2 Kie 1 Ops Aman Nusa I Brimob Polda Riau BKO Polda Papua. Korban berangkat ke Papua pada bulan Agustus 2019.

Brigadir Hendra lahir di Batam, Provinsi Kepulauan Riau, 24 Oktober 1986. Hendra kemudian mendapat penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi menjadi bripka anumerta. Kepergian korban meninggalkan seorang istri.

Penganiayaan terhadap Brigadir Hendra terjadi di Mapolres Yahukimo, Rabu (18/12/2019) sekitar pukul 11.23 WIT. Selain Brigadir Hendra, sekelompok warga juga menganiaya anggota Polres Yahukimo Bripda Agustinus Nabu (19) dan Nikolaus Ribo Situr (31).

Sumber : Liputan6.com