Yusri Dachlan SH Puas, Hakim Kabulkan Eksepsi Kliennya -->

Iklan Semua Halaman

Yusri Dachlan SH Puas, Hakim Kabulkan Eksepsi Kliennya

Thursday, January 16, 2020
LALULINTASKRIMINALITAS.COM, ROHIL – Yusri Dachlan SH & Fatner ketua LBH Keadilan puas atas putusan sela Majelis Hakim Pengadilan Negeri Rokan Hilir mengabulkan eksepsi terhadap kliennya Febi Mulyadi Alias Ebi atas tuduhan penadahan yang sebelumnya diajukan pada sidang senin (3/1/2020).

Pada Putusan Sela yang digelar sidang, selasa (14/1), Majelis hakim mengabulkan eksepsi dari Penasihat Hukum terdakwa Febi Mulyadi Alias Ebi dengan amar putusan menyatakan keberatan dari terdakwa / penasehat hukum diterima.

Selanjutnya menyatakan surat dakwaan penuntut umum batal demi hukum dan memerintahkan mengembalikan berkas perkara ini ke penuntut umum. Memerintahkan terdakwa dibebaskan dari tahanan segera setelah putusan ini diucapkan.

Penasehat hukum Yusri Dachlan SH didampingi Muhammad Rio, Diluar sidang mengatakan," dakwaan jaksa penuntut umum itu ditolak dan eksepsi / nota keberatan kami dikabulkan oleh majelis hakim, sebutnya.

,"Kami sangat puas dengan putusan sela ini, berarti surat dakwaan jaksa penuntut umum tidak cermat atau cacat formil, tidak jelas dan tidak lengkap dan tidak memuat secara lengkap unsur-unsur dari pada tindak pidana yang didakwakan," Jelas Yusri bersama Rio.

Muhammad Rio SH, dari awal kasus ini kami anggap perkara tindak pidana ringan (tipiring), namun kasus ini semacam ada kasus pemaksaan. Alhamdulilah, dengan putusan sela ini kami selaku penasihat hukum terdakwa merasa majelis hakim sudah tepat memutuskan terhadap klien kami," Papar M Rio SH.

Kepada Media Muhammad Rio SH menambahkan,"Kasus ini tidak bisa dilanjutkan dan dikembalikan berkas kepenyidik Polres Rokan Hilir untuk dilakukan penyelidikan secara tipiring sesuai perma no 2 tahun 2012," Ungkap Rio.Selasa (14/01/2020).

,”Kami mengajukan eksepsi ini bukan untuk memperlambat persidangan.tetapi untuk mengajukan fakta-fakta yang sebenarnya. tujuannya untuk mencapai keadilan," ulas Roi yang di benarkan Yusri.

Pada sidang itu dipimpin Ketua Majelis Hakim M. Faisal SH MH, sedangkan Jaksa Penuntut Umum Kejari Bagansiapiapi diwakili Sawir Abdullah SH. Sementara terdakwa Febi Mulyadi Alias Ebi dipersidangan didampingi Penasihat hukum Yusri Dahlan SH dan Muhammad Rio SH.

Sebelumnya dalam dakwaan jaksa penuntut umum diuraikan, kasus ini berawal pada hari Sabtu tanggal 21 September 2019 sekira Pukul 16:00 Wib, terdakwa bertemu dengan saksi Haris Fadillah Rangkuti di Lapangan Voli Simpang 4 Sekeladi Hilir. Setelah bermain voli saksi Haris Fadilah Rangkuti kemudian menghampiri terdakwa Febi Mulyadi Alias Ebi  dengan maksud menawarkan HP yang ia jual dengan berkata,“ ada yang mau gadai Hp nggak Rp. 150.000,- aja ?

Selanjutnya  terdakwa menjawab belum tau, tengoklah dikampung mana tau ada. Kemudian dengan menggunakan Honda Tiger warna hitam les biru terdakwa bersama saksi Haris Fadilah Rangkuti pergi ke arah Kampung Sekeladi dan tiba pada pukul 17:30 Wib. Melihat tidak ada orang berkumpul di seputaran kampung, maka terdakwa mengajak saksi Haris ke rumah terdakwa dengan maksud untuk membeli handphone yang ditawari oleh saksi Haris tersebut dengan meminjam uang orang tua terdakwa terlebih dahulu.

Namun saat dimintai pinjaman, Ibu terdakwa sedang tidak memiliki uang dan mengajurkan terdakwa untuk meminta kepada abang terdakwa. Selanjutnya terdakwa pun menjumpai abang terdakwa dan meminta sejumlah dengan alasan untuk perbaikan sepeda motor, lalu abang terdakwa pun memberikan uang sebesar Rp.(100.000,) Rupiah, kepada terdakwa.

Setelah mendapatkan uang, terdakwa bersama saksi Haris kembali ke rumah terdakwa, lalu terdakwa memberikan uang sebesar Rp.(150.000) Rupiah kepada saksi Harus untuk membeli (1) Unit Handphone Merek Lenovo warna hitam yang telah saksi Haris tawari sebelumnya.

uang sebesar Rp.(150.000) diterima Haris dan Haris menyerahkan HP merek Lenovo warna hitam saksi langsung pulang meninggalkan rumah terdakwa, saksi Haris pun menyerahkan Handphone Merek Lenovo warna Setelah menerima tersebut kepada terdakwa, dan kemudian saksi Haris pulang. (Rilis/Duis)