Ujian Kompetensi Advokat KAI DPD Jateng Berjalan Sukses

Iklan Semua Halaman


MDO TV STREAMING


Ujian Kompetensi Advokat KAI DPD Jateng Berjalan Sukses

Sunday, February 23, 2020

Lalulintaskriminalitas.com, Solo - Dewan Pimpinan Daerah Jawa Tengah KONGRES ADVOKAT INDONESIA (KAI) yang diketuai Advokat Asri Purwanti, S.H., M.H., CIL. telah sukses melaksanakan Ujian Kompetensi Dasar Profesi Advokat (UKDPA) di Lor In Hotel, Jl. Adisucipto No.47, Surakarta, Sabtu (22/02/2020).

Setelah dilakukan pembukaan oleh Asri sebagai Ketua KAI DPD JATENG, ada sambutan dari Dewan Penasehat DPP KAI Advokat Gatot Sapta Heriyawanto, S.E., S.H., M.Kn yang menekankan tentang Etika Profesi Advokat.

"Pesan saya kepada para peserta ujian, bahwa sukses seorang advokat tergantung dari pribadi orang itu sendiri dan alam nanti yang akan menyeleksinya", ujar Gatot

Advokat Asri Purwanti, S.H., M.H., CIL. menerangkan mengenai jadwal UKDPA ini.
"Ujian tertulis dimulai pukul 10.00 WIB selesai pukul 12.00 WIB. Setelah pukul 13.00 WIB dilanjutkan ujian secara lisan/ tatap muka/ wawancara satu persatu peserta dengan interviewer dari DPP KAI, yang berakhir pukul 14.30 WIB. Sehari sebelumnya, Jum'at (21/02/2020) di tempat yang sama sudah dilaksanakan tryout terlebih dahulu yang dimulai pukul 13.00 WIB sampai dengan pukul 17.30 WIB", tutur Asri.

Pada kesempatan ini Aprillia Supaliyanto Vice President KAI mengatakan bahwa untuk menjadi seorang Advokat, seorang Sarjana Hukum harus menempuh PKPA dan UKDPA terlebih dahulu.
"Untuk menjadi Advokat, seorang Sarjana Hukum harus menempuh terlebih dahulu Pendidikan Ketrampilan Profesi Advokat (PKPA) dan Ujian Kompetensi Dasar Profesi Advokat (UKDPA), setelah dinyatakan lulus ujian dan telah menempuh PKPA, baru bisa disumpah oleh Ketua Pengadilan Tinggi", ujar Aprillia.

Hal ini bahwa KAI DPD JATENG melakukan tryout terlebih dulu untuk theoretical refreshment ilmu hukum para peserta yang kebanyakan sudah bekerja dan sudah lama tak membaca teori hukum. Baru esok harinya dilakukan Ujian.

Dalam pelaksanaan UKDPA dihadiri oleh para petinggi dan senior dari DPP KAI yang antara lain Advokat Aprillia Supaliyanto, M.S., S.H., Vice President,   Advokat Gatot Sapta Heriyawanto, S.E., S.H., M.Kn.- Advokat Moh.Lukito Prabowo, S.H., M.H.- Bid.Pendidikan KAI., Advokat Drs.Dhimas Andy Wuryono, S.H., M.Hum.-Dewan Penasehat KAI DPD JATENG, Advokat Christian Makahekung, S.H.-Ketua KAI DPC SOLO RAYA. (red/rls)