Siapkan Generasi Muda Papua Sehat dan Unggul, Satgas Yonif R 509 Gelar Penyuluhan -->

Iklan Semua Halaman

Siapkan Generasi Muda Papua Sehat dan Unggul, Satgas Yonif R 509 Gelar Penyuluhan

Wednesday, March 18, 2020

LALULINTASKRIMINALITAS.COM, JAKARTA. - Penyuluhan kesehatan yang digelar Satgas Yonif R 509/Kostrad di SMP Negeri 1 Okbibab tidak saja membudayakan hidup sehat di kalangan pelajar, namun juga menyiapkan mereka sebagai generasi muda Papua yang unggul dan kompetitif.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Raider 509/Kostrad, Letkol Inf Wira Muharromah, S.I.P.,Psc.,dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Selasa (17/3/2020).

Diungkapkan Dansatgas, penyuluhan kesehatan yang dilaksanakan Pos Okbibab pada Senin (16/3/2020) ini dipimpin Danpos Okbibab, Letda Inf Wisnu Adityara beserta lima orang anggota bersama Puskesmas Okbibab. 

“Kegiatan tersebut sebagai wujud pengabdian dan kepedulian terhadap masyarakat yang berada di wilayah perbatasan RI-PNG, khususnya para siswa yang menuntut ilmu di SMP Negeri 1 Okbibab,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, penyuluhan kali ini juga dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT ke-59 Kostrad, sekaligus sebagai bentuk kepedulian Satgas kepada kesehatan warga perbatasan.


“Penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan ini bertujuan untuk membangun generasi muda bangsa yang sehat dan bersih, khususnya pelajar Sekolah Menengah Pertama agar selalu membudayakan dan memprioritaskan kesehatan menjadi kebutuhan pokok,” jelasnya.

“Selain itu, kita memberikan penyuluhan ini, agar warga khususnya para pelajar dapat terhidar dari berbagai penyakit, sekaligus juga mengajari mereka cara pencegahannya,“ tandas Wira Muharromah.

Di tempat terpisah, Danpos Okbibab, Letda Inf Wisnu Adityara menyampaikan bahwa kegiatan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan yang dilaksanakan ini, merupakan kepedulian Satgas kepada masyarakat yang ada di perbatasan agar selalu menomorsatukan kesehatan, untuk menghindarkan diri dari berbagai penyakit dan pencegahannya.

"Kita lebih baik mencegah daripada mengobati. Maka dari itu, jagalah selalu kebersihan, rajin berolahraga dan tidak sembarang makan makanan yang kehigienisannya meragukan,” imbuhnya.

"Kami berharap, dengan adanya penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan ini akan memotivasi mereka yang masih duduk di bangku sekolah, agar lebih memahami dan peduli kepada kesehatan dan bagaimana pencegahannya kalau datang penyakit,” sambungnya.


“Diharapkan pula, melalui sosialisasi ini mereka bisa mengajarkan pentingnya menjaga kesehatan kepada keluarga serta masyarakat sekitarnya," tandas Wisnu Adiyara.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Okbibab, Carolina (48), mengucapkan terima kasih kepada anggota Satgas yang telah memberikan penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan kepada siswa di sekolahnya. 

"Kami sebagai guru disini merasa bangga, kehadiran Bapak Satgas dapat menularkan perilaku positif bagi anak-anak,” tuturnya. 

“Semoga niat baik dan ketulusan Bapak Satgas ini menjadi contoh bagi mereka untuk peduli kepada sesama yang membutuhkan,” pungkas ibu tiga orang anak ini dengan bangga. (Dispenad)