UPT Dukcapil dan Camat Mandau Serahkan Dokumen Kependudukan Warga Tegar -->

Iklan Semua Halaman


MDO TV STREAMING


UPT Dukcapil dan Camat Mandau Serahkan Dokumen Kependudukan Warga Tegar

Saturday, June 26, 2021


DURI, Lalulintaskriminalitas.com
 – Kepala Unit Pelaksana Tugas (UPT) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Dra. Hj. Irdawati bersama Camat Riki Rihardi, S.STP., M.Si dan Lurah Pematang Pudu tampak menyerahkan dokumen kependudukan bagi warga di wilayah Tegar, Rabu (16/06/2021).

Dokumen yang diserahkan meliputi Akta Kelahiran, Akta Perkawinan, Akta Cerai dan Akta Kematian. Seluruh dokumen yang diserahkan, merupakan hasil program jemput bola masif dan terintegritas (Jebol Master) tajaan Kadisduk Capil Bengkalis, Drs. H. Ismail, MP.


“Program ini merupakan cara kita untuk lebih dekat dalam melayani masyarakat, jadi para pengurus dokumen tak perlu jauh-jauh lagi datang ke Kantor. Kita yang mendatangi warga, kita lakukan pelayanan langsung di lingkungan masyarakat dalam program kerja Jebol Master,” ucap Hj. Irdawati.


Benar saja, dengan mendatangi warga secara langsung, pengurusan berkas kependudukan jauh lebih simpel dan efisien. “Ini jadi salah satu program andalan kita, termasuk di jajaran UPT Dukcapil Mandau dalam melayani masyarakat,” ujarnya.


Camat Mandau Riki Rihardi turut mengapresiasi kinerja baik tersebut. Ia mengaku program tersebut sangat memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan kependudukan yang digencarkan pemerintah Kabupaten Bengkalis dan Kecamatan Mandau.

Cara ini kata Riki, menjadi salah satu jalan untuk menertibkan sistem administrasi kependudukan (Adminduk) secara lokal maupun regional di tingkat Kabupaten. Pendataan yang dilakukan dalam penerbitan berbagai dokumen kependudukan dinilai turut membantu kinerja Pemerintah Kecamatan Mandau dalam memberikan pelayanan prima bagi warga, terkhusus pada bidang administratif.


“Terima kasih atas kerja keras UPT Dukcapil Mandau yang turut serta menjangkau warga, cara kerja ini cukup membantu warga untuk mengakses pelayanan. Kemudian, hasil pendataan ini juga sangat membantu dalam hal penertiban sistem administrasi kependudukan,” papar Riki, Camat Mandau.


Ia menegaskan, program tersebut sangat selaras dengan visi-misi Bupati Bengkalis Kasmarni, S.Sos., M.MP yang merujuk pada kemudahan akses pelayanan dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat. “Ini selaras dengan visi-misi dan program kerja Bupati kita. Kini, sejauh apapun warganya, tetap akan dijangkau dan bisa mendapatkan layanan terbaik untuk menerbitkan dokumen kependudukan,” serunya.


Turut merasa dimudahkan dalam mengakses pelayanan, Ratna salah seorang warga turut mengapresiasi gagasan Jebol Master yang dilaksanakan UPT Dukcapil Mandau. “Terima kasih Bapak-Ibu sekalian, sudah jauh-jauh ke Tegar dan membantu melayani proses penerbitan Dokumen Kependudukan warga. Kami sangat terbantu, kami sangat berterima kasih,” ungkap Ratna.


Proses penyerahan dokumen-dokumen tersebut berlangsung khidmat dan tertib protokol kesehatan, para warga mengaku senang dan terbantu atas jangkauan program yang merambat hingga ke wilayah nan jauh dari keramaian.

Sumber : riau24jam.com