Bikin Geleng Kepala, Minyak Kayu Putih Dicampur ke Pertalite Bikin Motor Lebih Irit dan Bertenaga, Ini Hasil Penelitiannya -->

Iklan Semua Halaman


MDO TV STREAMING


Bikin Geleng Kepala, Minyak Kayu Putih Dicampur ke Pertalite Bikin Motor Lebih Irit dan Bertenaga, Ini Hasil Penelitiannya

Sunday, August 22, 2021


Lalulintaskriminalitas.com
 - Bikin Geleng Kepala, Campurkan Minyak Kayu Putih ke Pertalite Bikin Motor Lebih Irit dan Bertenaga, Ini Hasil Penelitiannya

ADVERTISING


Jika biasanya minyak kayu putih hanya digunakan untuk menghangatkan badan atau kerokan. Oleh mahasiswa ini malah dijadikan bahan penilitian.

–– ADVERTISEMENT ––


Ia mencampur minyak kayu putih ke dalam bensin dan melihat efek yang dihasilkan.

Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Islam Malang pernah meneliti dan membuat thesis tentang penggunaan minyak kayu putih sebagai aditif bensin.

Judul karya ilmiah tersebut adalah 'Pengaruh campuran minyak kayu putih pada Petralite terhadap kinerja motor bensin Honda Supra X 125 R'.

Menurut penelitian tersebut, minyak kayu putih bisa dijadikan bioaditif sebab memiliki sifat yang larut dalam bahan bakar.

Caranya, yakni dengan memformulasi bahan bakar dengan zat aditif yang berfungsi untuk memperkaya kandungan oksigen dalam bahan bakar.

Metode yang digunakan dalam penelitian mahasiswa tersebut adalah experimental nyata dengan model analisis varian.

Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah, Pertalite murni, campuran pertalite dan minyak kayu putih 2 ml, 4 ml, 6 ml dan 8 ml.

Variabel terikat dalam penelitian ini adalah torsi, daya, konsumsi bahan bakar serta emisi gas buang.

Hasil penelitian menunjukan pengaruh pencampuran aditif minyak kayu putih pada bahan bakar Pertalite terhadap peforma motor bakar, konsumsi motor bakar serta emisi gas yang dihasilkan.

Sumber : Otomania.com