PEMBINA DAN PENGEMBANGAN PROGARAM BANGGA KENCANA BERSAMA MITRA TERKAIT DI DESA BANDAR JAYA OKU. TAHUN 2021 -->

Iklan Semua Halaman


MDO TV STREAMING


PEMBINA DAN PENGEMBANGAN PROGARAM BANGGA KENCANA BERSAMA MITRA TERKAIT DI DESA BANDAR JAYA OKU. TAHUN 2021

Saturday, September 18, 2021


OKU, lalulintaskriminalitas.com
- PLH Bupati OKU Menghadiri Acara Kegiatan Pembinaan dan Pengembangan Program Bangga Kencana Bersama Mitra Terkait Tingkat Kecamatan Tahun 2021 Bertempat di Halaman Kantor Desa Bandar Jaya Kecamatan Lengkiti. Kabupaten Ogan Komering Ulu.Jumat, 17/09/2021.



Laporan Kadin Pengendalian Penduduk dan KB, Nanamg Nurzaman. S.I.P,  M.Si., Menyampaikan pengelolaan kependudukan penting dilakukan dalam rangka pengendalian kuantitas penduduk dan peningkatan kualitas penduduk.



Pengendalian kuantitas penduduk dilakukan dalam rangka menekan laju pertumbuhan penduduk melalui pengaturan kelahiran dan pendewasaan usia perkawinan.


Sedangkan peningkatan kualitas penduduk dilakukan melalui program pembangunan keluarga, kependudukan dan keluarga berencana atau disingkat Bangga Kencana. "Khususnya di Kabuapten OKU diharapkan memberikan banyak manfaat bagi keluarga, tidak hanya dari sisi kesehatan tetapi juga bermanfaat dari sisi ekonomi dan sosial budaya.


Salah satu tujuan pembinaan kali ini adalah pembinaan rutin pada Kader sub2 PPKBD memberikan peran signifikan bagi kader dalam mensosialisasikan pentingnya program Bangga Kencana dilingkungan masyarakat. 


Pengelola Program Bangga Kencana, dan tentu saja para Penyuluh KB serta Kader KB, harus bisa mengembangkan diri di era digital yang serba maju ini karena Penyuluh KB merupakan ujung tombak dalam pelaksanaan program Bangga Kencana yang berada pada lini lapangan.


Di sisi lain juga melalui peningkatan kualitas pendidikan, lingkungan dan kesehatan pada umumnya. Salah satu inovasi strategis untuk mengimplementasikan kegiatan prioritas program Bangga Kencana secara utuh di lini lapangan. Dengan membentuk Kampung Keluarga Berencana atau keluarga berkualitas di Indonesia.


Saat ini terdapat 26 Kampung KB yang tersebar di setiap kecamatan di Kabupaten OKU, itu artinya Kabupaten OKU sangat mendukung program Bangga Kencana dan bersinergi dengan mitra kerja dan stakeholder instansi terkait sesuai dengan kebutuhan dan kondisi wilayah. 


Camat Lengkiti Yoyin Arifianto, AP, M.Si., Menyampaikan rasa syukur karena kegiatan ini dilaksanakan di wilayahnya, kegiatan ini terlaksana dengan baik, terlebih para anggota KB dari kabupaten, kerjasamanya sangat baik pula.


"Syukur Alhamdulillah, kali ini kegiatan tentang pelaksanaan mekanisme operasional lini lapangan kampung KB digelar di wilayah ini, semua tim dari kabupaten, baik kepala UPTD maupun anggota lainnya, kekompakannya tetap terjalin semua,


Yoyin mengatakan, dalam rangka pelaksanaan mekanisme operasional lini lapangan, tentunya tak lain adalah berkaitan dengan KB juga. Karena pada dasarnya program KB bertujuan agar masyarakat lebih mengerti arti keluarga berencana. Sehingga bisa ikut mensukseskan program pemerintah untuk mensejahterakan warga desa dan menuntaskan kemiskinan.


Untuk itu, kami menghimbau kepada semua pemangku kepentingan dan  seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mendukung dan mensukseskan program Keluarga Berencana khususnya di Kecamatan Lengkiti Kabupaten OKU.  


Sehingga program ini dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan kualitas hidup keluarga yakni Keluarga yang sehat, cerdas, maju, mandiri, harmonis dan sejahtera serta bertanggung jawab.


Yoyin juga mengajukan usulan Dia meminta Kepada Plh Bupati untuk memprioritaskan pembangunan jalan dari arah simpang tiga Puskesmas Tanjung Lengkayap sampai dengan desa paling ujung Desa Tualang dikarnakan jalanya sudah rusak parah dan berlubang 


dan pengadaan tiang listrik di desa Bandar Jaya tepatnya di pemukiman sejauh 4 KM dari Desa. Sebab, pembangunan infrastruktur tersebut dinilai lebih dibutuhkan masyarakat.


Plh Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., dalam hal ini menyampailan bahwa KEGIATAN PEMBINAAN KAMPUNG KB INI DIHARAPKAN DAPAT  MENJADI SPIRIT BARU BAGI PEMERINTAH DAN PEMERINTAH DAERAH SERTA SEGENAP ELEMEN PEMERINTAHAN DAN MASYARAKAT GUNA BERSINERGI, SALING MENDUKUNG, DAN SALING MELENGKAPI ANTAR SEKTOR PEMBANGUNAN MELALUI BERBAGAI PROGRAM KEGIATAN YANG TERFOKUS PADA ARAH PERBAIKAN DERAJAT KESEHATAN DAN TINGKAT KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI SUATU WILAYAH BERDASARKAN KONDISI DAN POTENSI LOKAL.


OLEH KARENANYA, SECARA UMUM KEBERHASILAN KAMPUNG KB SANGAT DIPENGARUHI OLEH 5 (LIMA) FAKTOR UTAMA, YAITU : KOMITMEN YANG TINGGI DARI OPD DAN KECAMATAN, SERTA PEMERINTAHAN TINGKAT KELURAHAN DAN DESA SETEMPAT. 


TERINTEGRASINYA PROGRAM LINTAS SEKTORAL DENGAN PROGRAM KB DAN PEMBERDAYAAN KELUARGA; 


FASILITASI DAN DUKUNGAN DARI SEGENAP MITRA KERJA (STAKEHOLDERS); 


SEMANGAT DAN DEDIKASI PARA PENGELOLA PROGRAM DI SELURUH TINGKATAN SERTA PETUGAS LINI LAPANGAN KB; dan PARTISIPASI AKTIF MASYARAKAT. 


OLEH KARENANYA, SAYA MENGAJAK SEMUA PIHAK AGAR BERKOMITMEN DAN BEKERJA KERAS UNTUK MENGAKTUALISASIKAN SECARA NYATA PENCAPAIAN SASARAN YANG DIHARAPKAN DARI TERBENTUKNYA KAMPUNG KB INI SECARA TERENCANA, TERARAH, DAN BERKESINAMBUNGAN.


PROGRAM KB NASIONAL MERUPAKAN TANGGUNG JAWAB BERSAMA. DAN TENTUNYA TNI TELAH BANYAK BERPARTISIPASI UNTUK MENDORONG SEMAKIN BERKUALITASNYA SDM BANGSA, DAN SALAH SATUNYA MELALUI KEGIATAN PEMBINAAN BANGGA KENCANA SAAT INI YANG NANTINYA SECARA RUTIN DILAKSANAKAN SETIAP TAHUN.


Edward Candra juga menghimbau masyarakat tidak takut untuk mengikuti program keluarga berencana di masa pandemi Covid-19. "Peran serta kader-kader keluarga berencana untuk terus memotivasi masyarakat menjalani protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran Covid-19," 


DALAM KAITAN INILAH, PEMBINAAN BANGGA KENCANA YANG INTINYA MEMBINA TATA KELOLA KAMPUNG KB, TENTUNYA DIHARAPKAN MENJADI KEMANTAPAN LANGKAH AKTUALISASI PROGRAM KELUARGA BERENCANA NASIONAL DALAM UPAYA MENSEJAHTERAKAN MASYARAKAT. 


Turut mendampingi, Asisten 1 dan 2 Setda OKU, OPD Terkait, Muspika Lengkiti, Ketua TP. PKK OKU, Kepala UPTD Puskesmas, Kepala UPTD KB beserta kader KB se-kecamatan Lengkiti, Kepala Desa Bandar Jaya, Ketua BPD Desa Bandar Jaya serta Undangan lainya./rd


Dari RIDUAN OKU RAYA.