PEMBUKAAN PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN PROGRAM BANGGA KENCANA BERSAMA MITRA TAHUN 2021 DI DESA PADANG BINDU. OKU. -->

Iklan Semua Halaman

PEMBUKAAN PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN PROGRAM BANGGA KENCANA BERSAMA MITRA TAHUN 2021 DI DESA PADANG BINDU. OKU.

Monday, September 27, 2021


Oku Raya, lalulintaskriminalitas.com
- PLH Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., Menghadiri Acara Pembukaan Pembinaan dan Pengembangan Program Bangga Kencana Bersama Mitra Terkait Tingkat Kecamatan Tahun 2021, Bertempat Desa Padang Bindu Kecamatan Semidang Aji. (Senin,27/09/2021).



Kepala Dinas PPKB OKU Nanang Nurzaman, Menyampaikan Kampung KB merupakan Satuan wilayah setingkat RW, dusun atau setara yang memiliki kriteria tertentu dimana terdapat keterpaduan program KKBPK yang dilakukan secara sistemik dan sistematis. Selain itu, manfaat Kampung KB selain bisa mengentaskan kemiskinan, juga mendekatkan pembangunan kepada masyarakat. 


Tentu program KB ini juga memiliki tujuan akhir, yaitu untuk meningkatkan fasilitas yang ada di desa ini, sesuai kebijakan dari pemerintah pusat yang menginginkan program kampung KB ini mendapat prioritas dari Pemerintah untuk diutamakan dan diharapkan program KB ini makin terus berjalan sesuai aturan pemerintah yang di berikan.



Tujuan pembentukan Kampung KB ini untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program KKBPK serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.



PLH Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., Menyampaikan kegiatan pembinaan Kampung KB ini diharapkan dapat  menjadi spirit baru bagi pemerintah dan pemerintah daerah serta segenap elemen pemerintahan dan masyarakat guna bersinergi, saling mendukung, dan saling melengkapi antar sektor pembangunan melalui berbagai program kegiatan yang terfokus pada arah perbaikan derajat kesehatan dan tingkat kesejahteraan masyarakat di suatu wilayah berdasarkan kondisi dan potensi lokal. Oleh karenanya, secara umum keberhasilan Kampung KB sangat dipengaruhi oleh 5 faktor utama, antara lain, komitmen yang tinggi dari opd dan kecamatan, serta pemerintahan tingkat kelurahan dan desa setempat, Terintegrasinya program lintas sektoral dengan program KB dan pemberdayaan keluarga, Fasilitasi dan dukungan dari segenap mitra kerja (stakeholders), Semangat dan dedikasi para pengelola program di seluruh tingkatan serta petugas lini lapangan KB serta partisipasi aktif masyarakat. Oleh karenanya, saya mengajak semua pihak agar berkomitmen dan bekerja keras untuk mengaktualisasikan secara nyata pencapaian sasaran yang diharapkan dari terbentuknya Kampung KB ini secara terencana, terarah, dan berkesinambungan.


Sebagaimana dimaklumi bahwa program KB tidak hanya berupaya untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduk, namun juga menciptakan keluarga kecil bahagia dan sejahtera. Sebab pelaksanaan program keluarga berencana merupakan bagian dari prioritas pembangunan, yang perlu disertai dengan perhatian pada kualitas penduduk seperti program pengentasan kemiskinan, kesehatan dan pendidikan. Program KB mutlak masih sangat dibutuhkan dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Program bangga kencana adalah investasi jangka panjang yang tidak seketika dilihat hasilnya, namun merupakan upaya sistimatis dan terencana untuk membangun SDM yang berkualitas, pembangunan yang berkelanjutan dan peningkatan taraf hidup rakyat. 


Dalam hal ini juga harus memiliki tujuan jangka panjang yakni dalam mendorong keberhasilan program keluarga berencana dan pemberdayaan keluarga sejahtera yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah.  Begitupun peran aktif masyarakat dalam mensukseskan program bangga kencana sangat strategis, sebab selain bertujuan menekan angka kelahiran dan membangun kesehatan ibu dan anak bangsa, tentunya bangga kencana juga ditujukan untuk membangun ketahanan keluarga, penguatan kemampuan ekonomi keluarga pra sejahtera, memelihara kesehatan reproduksi, serta pembinaan masalah remaja. Dalam kaitan dengan pembinaan program bangga kencana tentunya menjadi upaya pemantapan dan penguatan kiprah kita semua untuk menjadi barisan terdepan dalam mengawal keberhasilan program nasional keluarga berencana, sekaligus membangun komitmen semua stakeholders untuk lebih berkiprah menyelesaikan berbagai persoalan yang menghambat peningkatan kualitas kehidupan masyarakat.


Acara dilanjutkan dengan meninjau Rumah Data Kependudukan dan Kerajinan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UPPKA) Kampung KB Gua Harimau oleh PLH Bupati OKU Drs. H. Edward Candra dan PLH Ketua TP. PKK OKU Hj. Desy Kasnayati Edward Candra.


Turut hadir, Kadin PPKB, Sekdin PPPA, Sekdin PMD, Sekdin PolPP, Kabag Prokopim Setda OKU, PLH Ketua TP. PKK OKU, Muspika Semidang Aji, Kades Padang Bindu, BPD, TP. PKK Kecamatan dan Desa serta Undangan Lainnya./rd