ASISTEN I SETDA OKU MEWAKILI PLH BUPATI OKU BERSAMA FORKOPIMDA. PERINGATAN HUT TNI KE.76. SECARA VIRTUAL -->

Iklan Semua Halaman


MDO TV STREAMING


ASISTEN I SETDA OKU MEWAKILI PLH BUPATI OKU BERSAMA FORKOPIMDA. PERINGATAN HUT TNI KE.76. SECARA VIRTUAL

Tuesday, October 5, 2021


Baturaja, lalulintaskriminalitas.com
PLH Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., Diwakili Asisten I Setda OKU Bersama Forkopimda OKU Menghadiri Upacara Peringatan HUT ke-76 TNI Secara Virtual dari Istana Merdeka Jakarta Bertempat di Makodim 0403 OKU. (Selasa, 05/10/2021).




Pada peringatan Ke-76 TNI bertindak sebagai Komandan Upacara Kol. Inf. Tunjung Setiabudi, S.Sos, lulusan Akademi Militer tahun 1998 dengan jabatan Komandan Brigade Infanteri 21 Komando Kodam IX Udayana, sedangkan perwira upacara Brigjen TNI Novi Helmy Prasetya, S.IP., M.IP lulusan Akademi Militer tahun 1993 jabatan Kepala Staf Komando Garnisun Tetap I Jakarta. 


Pada peringatan HUT ke76 TNI Pemerintah menganugerahkan tanda kehormatan kepada tiga  prajurit TNI yang tertuang dalam surat Keputusan Presiden RI Nomor 15/19/95/TK/2021 tentang penganugerahan tanda Kehormatan Bintang diberikan kepada Kol. Inf.  Anwar Bintang Kartika Eka Paksi Nararya, Kapten Laut Teknik Rohani Sapporo Noer Bintang Jalasena Nararya dan Sersan Kepala Wawan Agus Setiawan Bintang Swa Bhuwana Paksa Nararya.


Pertama-tama atas nama rakyat,  bangsa dan negara, Presiden Joko Widodo, Menyampaikan selamat HUT ke-76 TNI. Rakyat, bangsa, dan negara Indonesia juga menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada jajaran TNI yang selalu menjadi penjaga utama kedaulatan bangsa, negara keutuhan wilayah NKRI berlandaskan Pancasila dan UUD 1945 serta melindungi bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala ancaman dan gangguan. 

Sampai dengan hari ini kita masih berada dalam bayang-bayang pandemi Covid-19, bila diibaratkan sebagai perang melawan virus  Covid-19 saat ini seperti dalam perang yang berlarut-larut yang sangat menguras tenaga, pikiran, mental dan semangat juang yang membutuhkan kewaspadaan,  kecepatan sinergi dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan tehnologi. 

Keberhasilan kita dalam menangani Covid-19 tidak terlepas dari peran  besar TNI yang menunjukkan profesionalisme dalam setiap penugasan, kemampuan perorangan, kemampuan satuan,  pemanfaatan ilmu pengetahuan dan tehnologi termasuk Alutsista telah digunakan dalam menunaikan setiap tugas yang diberikan.  

Kesigapan TNI, Jokowi minta selalu diaktifkan dalam menghadapi spektrum ancaman yang lebih luas, seperti  pelanggaran kedaulatan, pencuriaan kekayaan alam di laut,  radikalisme, terorisme, ancaman cyber dan ancaman biologi  termasuk juga ancaman bencana alam.  

Menghadapi ancaman spektrum yang semakin luas, transformasi pertahanan harus terus dilanjutkan. 
Untuk meletakkan pondasi bagi pembentukkan kapabilitas pertahanan modern yang relevan dengan perkembangan teknologi militer terkini, sehingga TNI dapat bertransformasi menjadi kekuatan pertahanan Indonesia yang mampu berperan dilingkungan strategis regional maupun global. 

Penguatan budaya strategis prajurit dan perwira TNI harus tetap menjadi pondasi utama transformasi pertahanan yaitu TNI  yang manunggal dengan rakyat dengan sistem pertahanan keamanan rakyat semesta dengan pertahanan yang berlapis dan memanfaatkan lompatan teknologi militer dan investasi pertahanan yang terencana. Modernisasi pertahanan ini juga harus disertai dengan terobosan pengelolaan ekonomi dan investasi pertahanan. 

Joko Widodo menegaskan kembali kita harus bergeser dari kebijakan belanja pertahanan menjadi  kebijakan investasi pertahanan untuk jangka panjang yang dirancang sistematis dijalankan secara konsisten dan berkelanjutan.

Untuk itu, Jokowi memerintahkan agar terus melakukan adopsi dan inovasi tehnologi mutakhir di negara kita bergerak aktif dalam konsorsium industri pertahanan global memegang teguh semangat kemandirian dan penguatan industri pertahanan dalam negeri untuk mewujudkan kekuatan pertahanan Indonesia yang lebih mumpuni. 

Pada kesempatan ini, Presiden dan Wakil Presiden menyaksikan sebanyak 18 pesawat tempur yang melakukan demonstrasi udara yang melintas di atas istana kepresidenan Jakarta, dan melakukan video conference dengan prajurit TNI yang sedang bertugas di luar negeri maupun di dalam negeri.

Hadir Acara, Forkopimda OKU, Asisten 1 Setda OKU, Sekretaris DPRD OKU, OPD Terkait serta Undangan Lainnya./rd