Kegiatan rapat Rencana Ritual adat Dayak di Kecamatan Sintang tahun 2021. -->

Iklan Semua Halaman


MDO TV STREAMING


Kegiatan rapat Rencana Ritual adat Dayak di Kecamatan Sintang tahun 2021.

Sunday, October 3, 2021


Sintang, Lalulintaskriminallitas.com
,  - pada hari Jumat tanggal 01 Oktober 2021 sekitar pukul 09.30 WIB bertempat di Kantor Camat Sintang Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo telah dilaksanakan Kegiatan Rapat Rencana Ritual Adat Dayak di Kecamatan Sintang Tahun 2021.



 Hadir dalam kegiatan tersebut 

Camat Sintang, Dra. Siti Musrikah, M.Si.

Kapolsek Sintang Kota, IPTU Sutikno, S.Sos., M.A.P.

Danramil 1207 Sintang, Lettu Inf. P. Rajagukguk.Babinsa Desa Jerora I, Sertu Rudianto.Pejabat Kades Jerora I.

Tokoh Masyarakat Dayak Desa Jerora I.

Adapun hal yang disampaikan dalam rapat membahas Rencana Kegiatan Ritual Adat Dayak tersebut di Kecamatan Sintang akan dilaksanakan di Desa Jerora I Kecamatan Sintang pada tanggal 28 Oktober 2021. Kegiatan yang dilaksanakan di Desa Jerora I Kec Sintang tersebut akan mengambil Tema "Ngamik Semangat Padi" yang artinya Sebagai rasa syukur atas panen yang telah diberikan oleh Jubata.


"Kapolsek Sintang Kota, IPTU Sutikno, S.Sos., M.A.P. menjelaskan bahwa dalam kegiatan Ritual Ngamik Semangat Padi tersebut dilarang melakukan perkelahian sebab orang tersebut akan di adat berdasarkan adat yang berlaku saat kegiatan tersebut dilaksanakan.


Dalam pelaksanaan kegiatan dimulai dipagi hari sekitar pukul 06.00 WIB sampai malam hari dan dilaksanakan dibeberapa tempat seperti halaman Kantor Desa, halaman Gereja.


"Kegiatan tetap dilaksanakan tetapi Satgas Desa dan Kecamatan tetap memonitor pelaksanaan kegiatan guna menghindari terjadinya penyebaran Covid 19 di Kecamatan Sintang.


Bhabinkamtibmas Desa Jerora I melaksanakan koordinasi dengan Satgas Desa terkait pelaksanaan kegiatan Ritual tersebut guna menghindari terjadinya kerumunan masyarakat pada saat pelaksanaan kegiatan.


Kegiatan selesai sekitar pukul 10.30 WIB. Selama kegiatan berlangsung situasi aman dan kondusif," KataKapolsek Sintang Kota, IPTU Sutikno, S.Sos., M.A.P.

(Muhammad Budi)