Hari Kesehatan Nasional ke-57 di Hadiri Plh Bupati OKU Bertempat Dinning Hall Jakabaring Sport City Palembang. -->

Iklan Semua Halaman


Hari Kesehatan Nasional ke-57 di Hadiri Plh Bupati OKU Bertempat Dinning Hall Jakabaring Sport City Palembang.

Wednesday, December 8, 2021


Baturaja, lalulintaskriminalitas.com
- PLH Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., Menghadiri Acara Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-57, Bertempat Dinning Hall Jakabaring Sport City Palembang. (Rabu 8/12/2021).



Kadin Kesehatan Provinsi Sumsel Dra. Lesty Nurainy Apt.,M.Kes., Menyampaikan Peringatan HKN Ke-57 mengangkat tema “Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku”. Tema ini dipilih untuk menggambarkan bangkitnya semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakat Indonesia yang secara bersama, bahu membahu dan bergotong royong dalam menghadapi situasi pandemi COVID-19, sehingga masyarakat Indonesia dapat kembali beraktivitas dan produktif untuk Indonesia kembali sehat dan kembali tumbuh, berbagai upaya kesehatan terus dilakukan dalam bentuk preventif, deteksi, dan responsif dengan harapan jumlah kasus menurun dan kesembuhan meningkat serta kematian dapat dicegah.



Saat ini Indonesia sudah bisa mengendalikan pandemi Covid-19 dan semua Ini tidak mungkin terjadi tanpa dukungan, tanpa kerja keras dari seluruh insan kesehatan yang ada di seluruh pelosok-pelosok Indonesia.



Capaian penurunan kasus COVID-19, haruslah disikapi dengan bijak, Kewaspadaan diri harus ditingkatkan guna mencegah lonjakan kasus yang tinggi. Sebab, potensi peningkatan lonjakan kasus Covid-19 atau gelombang baru Covid-19 dapat terjadi bukan hanya dari virus Covid-19 yang bermutasi, melainkan faktor-faktor lain yang dapat menstimulasi penyebaran penyakit seperti perilaku masyarakat, lingkungan, pelayanan kesehatan dan cakupan vaksinasi Covid-19 termasuk potensi lonjakan kasus pada hari-hari besar keagamaan seperti libur Nataru dan Idul Fitri.


Protokol kesehatan harus terus dipatuhi dan dijalankan, kemudian surveilans terus disiplin tetap lakukan vaksinasi adalah langkah-langkah yang tidak boleh berhenti agar seluruh masyarakat secara konsisten disiplin melakukannya. 


Meski dihadapkan pada prioritas penanganan COVID-19, pada saat yang sama pemerintah juga terus melakukan upaya penanganan masalah kesehatan lainnya yang merupakan program prioritas nasional seperti penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB), menurunkan angka stunting pada balita, memperbaiki pengelolaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) serta meningkatkan kemandirian penggunaan produk farmasi dan alat kesehatan dalam negeri.


Adapun fokus 6 pilar transformasi kesehatan yakni transformasi layanan primer, transformasi layanan rujukan, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi sistem pembiayaan kesehatan, transformasi SDM kesehatan dan transfromasi teknologi kesehatan.


Implementasi keenam pilar transformasi sistem kesehatan tersebut diharapkan bisa menyempurnakan sistem kesehatan Indonesia dan juga dunia yakni sistem kesehatan yang tangguh terhadap bencana kesehatan termasuk pandemi.


Gubernur Sumsel H. Herman Deru  mengucapkan selamat kepada jajaran kesehatan atas peringatan HKN Ke-57 yang telah berhasil memberikan dan bekerja dengan baik untuk membasmi virus yang telah membuat banyak masyarakat meninggal dunia dikarenakan pandemi COVID-19.


Pencapaian pemerintah sekarang dengan jumlah vaksinansi yang telah hampir memasuki hert imunity 70% artinya Kabupaten/Kota Provinsi Sumsel telah bebas dan angka penyebaran virus pun telah menurun.


Mari bersama-sama menyatukan tekad untuk melawan pandemi COVID-19. Dengan melakukan Vaksinasi, kita harap pandemi ini agar cepat berlalu. Jangan pernah kendor lawan COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan disetiap aktifitas masyarakat.


Kesehatan adalah merupakan tanggung jawab bersama, semua elemen maupun stakeholder harus ikut terlibat, dan juga melibatkan kepedulian masyarakat agar kita tetap sehat ini adalah suatu upaya pemerintah memberikan yang terbaik dalam bidang kesehatan bagi masyarakat yang ada di Kabupaten/Kota Provinsi Sumsel.

Tiada kata yang pantas selain rasa hormat kepada seluruh tenaga kesehatan yang telah berjuang di garda terdepan dalam penanganan COVID-19.


Pada kesempatan ini juga Kabupaten OKU  berhasil meraih piagam penghargaan dengan capaian Indeks Keluarga Sehat Tertinggi se Provinsi Sumsel dan Penghargaan ini diberikan langsung Gubernur Sumsel H. Herman Deru kepada Puskesmas Sukaraya Kabupaten OKU pada puncak acara HKN Ke-57 tingkat Provinsi Sumsel.


Turut Hadir Dalam Acara ini, Forkopimda Sumsel, PLH Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., Seluruh Bupati/Walikota se-Sumsel, OPD Provinsi Sumsel, PLT. Kadin Kesehatan OKU, Kabag Prokopim Setda OKU serta Undangan Lainya.(RD)