Sekda OKU Menghadiri Acara Pelepasan Mahasiswa KKN Angkatan XXVIII Tahun.2022 -->

Iklan Semua Halaman

Sekda OKU Menghadiri Acara Pelepasan Mahasiswa KKN Angkatan XXVIII Tahun.2022

Thursday, January 6, 2022


Baturaja, lalulintaskriminalitas.com
- Sekda OKU Dr. Drs. Ir. H. Achmad Tarmizi, SE, SH, ST, MT, M.Si, MH, M.Pd, Ph.D (HC)., Menghadiri Acara Pelepasan Mahasiswa KKN Angkatan XXVIII Tahun 2022 Universitas Baturaja, Bertempat Halaman Universitas Baturaja. (Selasa, 4/01/2021).



Rektor Unbara Ir. Lindawati MZ, M.T., Menyampaikan Kuliah Kerja Nyata (KKN) angkatan 28 ini bisa dilaksanakan berkat kerja sama Pemerintah Kabupaten OKU bersama Universitas Baturaja untuk memperdalam ilmu yang mereka miliki selama proses belajar di kampus Unbara ini, Adapun kegiatan binaan ini dengan MOU bersama Kecamatan-Kecamatan yang ada di Kabupaten OKU dan jumlah mahasiswa yang mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata ini sebanyak 475 mahasiswa dari seluruh fakultas yang ada di Unbara ini.



Sekda OKU Dr. Drs. Ir. H. Achmad Tarmizi, SE, SH, ST, MT, M.Si, MH, M.Pd, Ph.D (HC)., Menyampaikan Kuliah Kerja Nyata adalah bagian dari rangkaian kegiatan akademis yang harus diikuti oleh setiap mahasiwa menjelang akhir perkuliahan. Untuk itu Kuliah Kerja Nyata ini harus kita pandang sebagai materi kuliah yang sangat penting karena bisa memahami wadah pembelajaran yang sesungguhnya dengan metode yang lebih aplikatif dan langsung berhadapan dengan dinamika masyarakat yang sangat kompleks. Jika selama beberapa semester perkuliahan, mahasiswa belajar teori dan menganalisa berbagai persoalan melalui kajian atas konsepsi ilmu pengetahuan dan hasil pengamatan sekilas, maka dalam Kuliah Kerja Nyata nantinya akan mempraktekkan, melihat langsung, merasakan, berperan aktif, dan sekaligus turut menentukan keputusan terhadap semua hal yang ditemui dan dijadikan objek pembelajaran tentang konsep dasar pengetahuan yang lebih jelas dan nyata, yang dapat bermanfaat untuk memperkaya wawasan dan pengalaman selaku bagian penting dari elemen masyarakat.



Dalam kaitan ini, perlu kita fahami bahwa Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk pengamalan tri dharma perguruan tinggi. Secara ideal, penyelenggaraan Kuliah Kerja Nyata seyogyanya dapat menjangkau tiga sasaran utama. Pertama, sebagai wahana pembelajaran bagi para mahasiswa (peserta KKN) untuk mengaplikasikan berbagai teori yang diperolehnya selama dalam perkuliahan, sesuai dengan disiplin ilmunya masing-masing. Kedua, KKN dapat memberikan nilai tambah dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat. Ketiga, KKN merupakan media untuk membangun kemitraan antara lembaga perguruan tinggi yang bersangkutan dengan masyarakat, termasuk di dalamnya sebagai upaya untuk membangun citra sekaligus dapat dijadikan sebagai ajang promosi perguruan tinggi yang bersangkutan, yang dalam hal ini adalah Universitas Baturaja sebagai perguruan tinggi kebanggaan daerah kita Kabupaten OKU ini.



Acara dilanjutkan dengan pemakaian Atribut KKN oleh Sekda OKU Dr. Drs. Ir. H. Achmad Tarmizi, SE, SH, ST, MT, M.Si, MH, M.Pd, Ph.D (HC)., kepada mahasiswa yang mengikuti kegiatan KKN Unbara dan penandatangan Berita Acara Pelepasan Mahasiswa KKN Unbara Oleh Rektor Unbara Ir. Lindawati MZ, M.T. kepada Sekda OKU Dr. Drs. Ir. H. Achmad Tarmizi, SE, SH, ST, MT, M.Si, MH, M.Pd, Ph.D (HC).



Turut hadir, Asisten 3 Setda OKU, Mewakili Dandim 0403 OKU, Mewakili Kapolres OKU, OPD Terkait, Rektor Unbara beserta Jajaran, Pemgurus Yayasan Unbara serta Undangan Lainnya.(Rd)