Jalan Lintas Sinaboi-Dumai Terbengkalai, Bupati Rohil Mengaku Prihatin -->

Iklan Semua Halaman

Jalan Lintas Sinaboi-Dumai Terbengkalai, Bupati Rohil Mengaku Prihatin

Tuesday, January 3, 2017

LalulintasKriminalitas.com, Bangansiapiapi - Bupati Rokan Hilir (Rohil), H Suyatno AMp merasa prihatin terhadap terbengkalainya jalan lintas Sinaboi-Dumai akibat terganjal oleh adanya HPH PT Diamon.

Wacana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rohil yang ingin memangkas jarak tempuh dari 2,5 jam menjadi setengah jam itu sudah lama didambakan oleh masyarakat Rohil menuju kabupaten industri itu.

Curhatan itu, disampaikan langsung oleh H. Suyatno dihadapan Kakanwil Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Riau Lukman Hakim SH saat akan menyerahkan 2.000 sertifikat kapada masyarakat Rohil, Kamis 29 Desember 2016.

Menurut Suyatno, masyarakat Rohil diibaratkan ayam yang mati dilumbung padi. Pasalnya, Pemkab yang ingin memudahkan akses masyarakat untuk membangun jalan menjadi terhambat oleh keberadaan PT Diamon.

"Masa kita ingin bangun jalan kena HPH kok ngurusnya setengah mati. Jalan yang mau dibangun ini kan untuk masyarakat. Pemda ingin buka akses jalan masih dihadapkan dengan persoalan izin, ini sungguh aneh," ucap Suyatno.

Untuk itu, dia berharap dengan kehadiran Lukman Hakim SH yang sudah bertugas sebagai Kakanwil BPN Riau selama dua bulan itu, agar dapat membantu mempermudah niat Pemkab Rohil yang ingin membuka akses jalan itu.

"Itulah salah satu permasalahan kita saat ini, sampai sekarang jalan itu sunyi senyap, sampai detik ini izin pelepasan kawasan atau pinjam pakai belum dikeluarkan pemerintah pusat," ungkap Suyatno kepada Lukman, sebagaimana dilansir riau24.com.

Suyatno menjelaskan, jika jalan penghubung antar kabupaten itu bisa dibangun dengan cepat, dia meyakini ekonomi masyarakat Riau khususnya Rohil dan Dumai akan semakin maju.

"Dumai itu kota industri, banyak hasil yang dari Rohil ini dijual atau diimpor melalui Dumai. Saya yakin kalau jalan ini tembus, kesejahteraan masyarakat akan bertambah," tandasnya. ( mdoG)
Sumber : Humas Pemda Rohil