Pejabat Bupati OKU Bersama Ketua TP PKK OKU. hadiri Acara Peringatan Hari Nasional Usaha Mikro, di Union Square Ciwalk Bandung -->

Iklan Semua Halaman


Pejabat Bupati OKU Bersama Ketua TP PKK OKU. hadiri Acara Peringatan Hari Nasional Usaha Mikro, di Union Square Ciwalk Bandung

Saturday, August 13, 2022


Baturaja, lalulintaskriminalitas.com
- Penjabat Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah Bersama Penjabat Ketua TP. PKK OKU Hj. Zwesti Karenia Teddy Menghadiri Peringatan Puncak Hari Nasional (Harnas) Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan Pembukaan Sumsel Expo Tahun 2022 Dipusatkan Union Square Ciwalk Bandung Provinsi Jawa Barat. (Jumat, 12/08/2022).



Rangkaian kegiatan Harnas UMKM tahun 2022 digelar sejak 11-14 Agustus 2022 yang bertempat di Cihampelas Walk Bandung Jawa Barat. 



Hadir secara langsung dalam kegiatan tersebut Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) RI, Teten Masduki, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Gubernur Sumsel H. Herman Deru, dan Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution.

 

Lahirnya hari Nasional UMKM menjadi awal mula semangat kerja dan diharapkan mampu memperkuat posisi UMKM sebagai penggerak ekonomi kerakyatan, meningkatkan produktivitas dan daya saing, serta menjadikan Indonesia sebagai Bangsa yang berdaulat. 

Sekretaris Jendral (Sekjen) Asosiasi Business Development Services Indonesia (ABDSI), Salman Sahmad., melaporkan Harnas UMKM tahun ini mengusung tema "UMKM Juara dengan Digital". 

Sejenak mengenang sejarah, Salman menyebut dipilihnya tanggl 12 Agustus sebagai Harnas UMKM mengacu pada tanggal kelahiran Bapak Bangsa yakni Mohammad Hatta sebagai pejuang negarawan ekonomi dan Wakil Presiden Pertama RI yang dikenal juga sebagai Bapak Koperasi Indonesia.


"Harnas UMKM ini merupakan pengingat bagi kita semua tentang pentingnya kolaborasi dalam mewujudkan UMKM menjadi tulang punggung perekonomian Bangsa, apalagi setelah dua tahun dilanda pandemi Covid-19," jelas Salman.

Salman mengatakan ditahun 2022 ini, Harnas UMKM menjadi momentum untuk UMKM bangkit menjadi juara dengan digital. 


Sementara itu, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) RI Teten Masduki., Mengapresiasi digelarnya Harnas UMKM di  Ciwalk Bandung, yang bisa dimanfaatkan UMKM sebagai ajang untuk mempromosikan produknya, hingga memanfaatkan layanan perizinan dan layanan lainnya. 

Melalui Harnas UMKM, Teten Masduki mendorong seluruh stakeholder, Pemerintah, lembaga keuangan, hingga asosiasi untuk dapat mewujudkan UMKM juara dengan percepatan UMKM Go Digital. 

"Melalui penyiapan kebijakan Nasional dan ekonomi digital, agar digitalisasi ekonomi dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi produsen, konsumen di dalam negeri, dan e-commerce lokal," ujar Teten Masduki.


"Saya memberikan apresiasi kepada Gubernur Sumsel dan Jabar kegiatan ini menjadi ajang bagi UMKM dalam mempromosikan produknya," kata Menteri Koperasi dan UMKM. 


Apalagi lanjutnya dalam Hari UMKM Nasional ini antara dua Provinsi tersebut telah melakukan perjanjinan kerjasama dalam rangka menguatkan perdagangan antar Provinsi.


Sementara itu, Gubernur Sumsel H Herman Deru merasa bangga karena Sumsel mendapat kehormatan sehingga UMKM Sumsel bisa menampilkan produknya pada Harnas UMKM tahun ini di Ciwalk Bandung Jawa Barat. 


Dengan dilakukannya kerjasama ini agar Pemerintah dapat mengambil peranan yang lebih maksimal lagi dalam mendorong UMKM.


Disamping itu selain Sumsel mendorong UMKM, juga terus berupaya menekan angka kemiskinan melalui program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP).


Herman Deru berharap agar Harnas UMKM 2023 dapat digelar di Sumsel sehingga ada keseimbangan."tadi kita sepakat Jabar dan Sumsel berkolaborasi, kita harap Harnas UMKM dan Hari Koperasi itu kita satukan dan kami siap menjadi tuan rumah," ujar Herman Deru.


Disela acara Penjabat Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah., Berharap produk-produk UMKM yang ada di Kabupaten OKU bisa didata dan dipasarkan melalui marketplace atau platform digital.

"Pemasaran produk-produk tersebut harus mengarah pada digitalisasi," jelas Teddy Meilwansyah.


Perekonomian Kabupaten OKU telah mengalami pertumbuhan yang baik, Setelah pandemi Covid-19, kita berharap perekonomian Kabupaten OKU bisa kembali normal dan keberadaan UMKM diharapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian Kabupaten OKU. Mudah-mudahan kehidupan masyarakat OKU semakin baik dengan bangkitnya perekonomian.


Acara dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Kementerian Koperasi dan UKM dalam pengembangan Skopi dengan BNI, Mandiri, BJB, Asosiasi dan Lembaga Keuangan lainnya disaksikan oleh Menteri UMKM, Gubernur Sumsel dan Gubernur Jabar. 


Selanjutnya Menteri Koperasi dan UMKM RI Teten Masduki bersama Gubernur Herman Deru dan Gubernur Ridwan Kamil meninjau Pameran Sumsel Expo 2022.


Turut hadir, Ketua DPRD Sumsel, Ketua Dekranasda Sumsel, Ketua Dekranasda Jabar, Wakil Ketua Dekranasda Sumsel, Bupati/Walikota se-Sumsel dan Jabar, Ketua Kormi Sumsel, Pejabat Kementerian Koperasi UKM RI, Para Kepala OPD Sumsel/Jabar dan Para Pimpinan Intansi/Lembaga BUMN/BUMD, Perbankan serta Undangan Lainnya.(Rd)