74 Pejabat Lantik Bupati : Pengisian Jabatan Bukan Didasarkan Faktor Like or Dislike -->

Iklan Semua Halaman

74 Pejabat Lantik Bupati : Pengisian Jabatan Bukan Didasarkan Faktor Like or Dislike

Tuesday, October 4, 2016

LALULINTASKRIMINALITAS.COM, BENGKALIS. – Bupati Bengkalis Amril Mukminin kembali menegaskan, setiap pengisian jabatan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis bukan didasarkan faktor suka atau tidak suka (like or dislike), kedekatan personal, hubungan kekeluargaan, atau hal-hal lain yang bersifat subjektivitas.

Katanya, selain integritas dan loyalitas, hal yang menjadi pertimbangannya dalam mendudukan seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam sebuah jabatan, adalah nilai pengabdian dan komitmen yang bersangkutan dalam melaksanakan tugas dan fungsi jabatan selama ini.

Menjawab wartawan, Amril mengatakan itu usai mengambil sumpah jabatan dan melantik 74 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas di ruang serba guna lantai IV Kantor Bupati Bengkalis, Senin (3/10/2016) pagi.

Hebatnya, pada pengambilan sumpah dan pelantikan yang kali ketiga dilakukannya tersebut, sejumlah pejabat yang pada pelantikan pertama dan kedua ‘tertindih’ alias non job karena digantikan orang lain, kembali ‘dipakai’ Amril.

Contohnya, Suparman. Mantan Kepala Bagian (Kabag) Pengelolaan Data Elektronik Sekretariat Daerah Bengkalis yang ‘ditindih’ Hadi Prasetyo, menduduki jabatan baru sebagai Kabag Persidangan Sekretariat DPRD Bengkalis.

Kemudian M Fadlul Wajdi. Mantan camat Bukit Batu yang digantikan Reza Novendra, dilantik sebagai Kepala Bidang (Kabid) Pengkajian Masalah Strategis Daerah Badan Penelitian dan Pengembangan.

Selanjutnya, Firdaus. Mantan Kabag Keuangan Sekretariat DPRD Bengkalis ini yang sejak 8 September lalu juga non job akibat jabatannya diisi orang lain, dilantik Amril sebagai Kabid Usaha Mikro Kecil Menengah Dinas Koperasi dan UMKM.

Selain ketiga nama tersebut, masih ada beberapa nama yang sebelum sempat kena ‘tindih’, hari ini kembali dilantik Amril. Yaitu mantan Camat Bantan Hendrik Dwi Yatmoko sebagai Kabid Politik Badan Kesatuan Bangsa dan Politik.

Kemudian, mantan Kabag Tatap Pemerintahan Abdul Harris dilantik sebagai Sekretaris Dinas Pertanian dan Peternakan.

Selanjutnya, mantan Kabag Perekonomian Sekretariat Daerah Bengkalis Bambang Irawan dilantik sebagai Sekretaris Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan.

Menanggapi pertanyaan wartawan terkait pengangkatan kembali sejumlah pejabat yang hampir sekitar sebulan sempat dinonjobkannya tersebut, Amril mengatakan, sebenarnya tidak ada maksud dirinya untuk menonjobkan seseorang.

“Dari hati kecilnya yang paling dalam, saya sama sekali tidak pernah memiliki keinginan untuk menonjobkan seseorang. Apalagi hal itu dilakukan karena faktor like or dislike atau adanya faktor subjektivitas tertentu. Maunya saya justru sebaliknya, kalau bisa semua PNS yang saat ini menduduki sebuah jabatan tetap memegang jabatan,” tegasnya.

Namun demikian, tambahnya, kalau sebelumnya dan bahkan sampai saat ini tetap masih ada beberapa pejabat yang nonjob karena mutasi yang dilakukannya, hal itu semata-mata dilakukan sesuai dengan kebutuhan organisasi saat ini.

Adapun Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang diambil sumpah dan dilantik Amril adalah H TS Ilyas. Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Bengkalis ini menduduki jabatan sebagai Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Bengkalis yang sebelumnya dijabat H Hermanto Baran sebagai Pelaksana Tugas.

(mdo G )