Sosialisasi IMs danHIV/AIDS Dalam Kegiatan TMMD Sengkuyung 1 Non Fisik Kodim 0713/Brebes -->

Iklan Semua Halaman

Sosialisasi IMs danHIV/AIDS Dalam Kegiatan TMMD Sengkuyung 1 Non Fisik Kodim 0713/Brebes

Wednesday, April 18, 2018

Lalulintaskriminalitas.com, Brebes Jawa Tengsh-Sebagai upaya dalam mengantisipasi penyebaran penyakit IMS dan HIV/AIDS dikalangan masyarakat di Desa Galuhtimur, Kodim 0713/Brebes yang melaksanakan kegiatan TMMD Sengkuyung I tahun 2018 non fisik bekerja sama dengan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Brebes menggelar sosialisasi IMS dan HIV/AIDS pada Selasa 17 April 2018 bertempat Balai Desa Galuh Timur yang dihadiri Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Brebes Slamet Tohari, Babinsa Galuh Timur, perangkat Desa, masyarakat sebanyak 45 orang.

“Babinsa Galuhtimur Sertu Ali Mahfur pada kesempatannya menyampaikan kegiatan ini dimaksud untuk mencegah agar penyakit HIV/AIDS tidak menjangkit di masyarakat serta keluarga Desa Galuh Timur, karena penyakit ini sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian bagi mereka yang terjangkit,”jelasnya.

Sebagai pembawa materi dalam sosialisasi tersebut Slamet Tohari dari Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Brebes mengatakan bahwa  AIDS adalah kumpulan gejala penyakit yang timbul akibat menurunnya kekebalan tubuh. HIV atau Human Immuno deficiency Virus adalah virus yang hanya dapat menginfeksi manusia dan membuat tubuh manusia turun sistem kekebalannya sehingga tubuh gagal melawan infeksi dan virus ini karaktetistiknya adalah memproduksi diri sendiri di dalam sel manusia. Perilaku beresiko tinggi terinfeksi HIV melalui suka berganti ganti pasangan, tidak menggunakan Kondom serta pengguna Narkoba suntik yang tidak menseterilkan jarum dan suka menggunakannya bersama-sama. Untuk cara pencegahannya bagi yang belum menikah dianjurkan untuk tidak melakukan hubungan seksual (abstinensia), saling setia pada satu pasangan yang tidak terinfeksi HIV dan pergunakan kondom setiap kali berhubungan seks yang berisiko serta hindari penggunaan jarum suntik secara bergantian dan tidak steril.

IMS (Infeksi Menular Seksual) adalah infeksi yang salah satu cara penularannya melalui hubungan seksual dengan pasangan yang sudah. Hubungan IMS dengan HIV saling keterkaitan dimana IMS mempermudah masuknya HIV, maka penderita IMS lebih mudah terkena infeksi HIV. Sedangkan dampak IMS akan mengakibatkan kematian, mandul, kanker terhadap wanita hamil, cacat janin dan keguguran. Jenis-jenis IMS secara umum terdapat keluar cairan atau kencing nanah dan radang saluran kencing serta ada benjolan besar atau kecil tanpa luka di alat kelamin. Diharapkan dengan kegiatan tersebut anggota mendapatkan tambahan ilmu di bidang kesehatan khususnya tentang bagaimana mencegah HIV AIDS dan IMS. (Pendim 0713/Brebes/sugiarto).