Musrenbang Tahun.2023 Kecamatan Muara Jaya akan mengoperasikan Posko Pemadaman Kebakaran. -->

Iklan Semua Halaman

Musrenbang Tahun.2023 Kecamatan Muara Jaya akan mengoperasikan Posko Pemadaman Kebakaran.

Thursday, February 10, 2022


Baturaja, lalulintaskriminalitas.com
- PLH Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., Menghadiri Acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2023 dan Pembentukan Sekaligus Pengoperasian Posko Pemadam Kebakaran Kecamatan Muara Jaya, Bertempat Aula Kantor Camat Muara Jaya. (Selasa, 8/02/2022).



Acara diawali dengan penyerahan dan peresmian 1unit Mobil Armada Pemadam Kebakaran Kabupaten OKU yang telah dialokasikan untuk Kecamatan Muara Jaya pada tahun 2022 ini, seperti yang diketahui Kecamatan Muara Jaya ini telah mengusulkan unit mobil armada pemadam kebakaran untuk di persiapkan di Kecamatan Muara Jaya agar nanti jika terjadi kebakaran di setiap desa yang ada di Kecamatan Muara Jaya ini bisa diatasi dengan cepat dan baik. 



Penyerahan dan peresmian armada kebakaran ini diserahkan langsung oleh PLH Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., Didampingi Kepala Dinas Damkar Aminilson yang di berikan Kepada Camat Muara Jaya Dini Justini, SE, MM.



Camat Muara Jaya Dini Justini, SE, MM., Menyampaikan sebagai Informasi bahwa Kecamatan Muara Jaya ini terdiri dari 7 Desa yaitu Muara Saeh, Lubuk Tupak, Karang Lantang, Beringin, Surau, Lontar dan Kemala Jaya, dan 7 Desa yang ada di Kecamatan Muara Jaya sampai saat ini belum memiliki Kantor Desa, dan hanya  melakukan aktivitas Pemerintahan yang dilakukan di rumah Kades masing-masing, berharap Pemerintah Kabupaten OKU segera memberikan solusi dan bantuan untuk memberikan tempat atau bangunan untuk setiap Kades bekerja.



Permasalahan lainnya adalah belum adanya juga di Kecamatan Muara Jaya ini seperti SMA atau SMK Negeri, Pasar Kalangan, Kantor KUA dan Lapangan Upacara, Pagar Sekolah serta ruang belajar yang kurang memadai. besar harapan melalui Musrenbang apa yang menjadi kebutuhan masyarakat Kecamatan Muara Jaya ini dapat terealiasasikan.


PLH Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., Menyampaikan Keberhasilan suatu program pembangunan di daerah haruslah diawali dengan perencanaan yang terarah, cermat dan terukur. Pada hari ini, Pemerintah melaksanakan Musrenbang dalam rangka penyusunan perencanaan pembangunan untuk tahun 2023 mendatang, atau lebih dikenal dengan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023. 


Adapun perencanaan yang berasal dari masyarakat ini adalah perencanaan dari bawah ke atas atau dari masyarakat ke Pemerintah seperti pada Musrenbang kali ini, untuk inilah yang terus didorong oleh Pemerintah agar apa yang diharapkan oleh masyarakat bisa diimplementasikan oleh Pemerintah, diharapkan perencanaan ini dapat sesuai dengan keadaan di Desa yang mengusulkan perencanaan dan murni dari harapan-harapan masyarakat di Desa tersebut sehingga pada akhirnya akan tercapainya visi pembangunan Kabupaten OKU yaitu Bersih Kreatif, Religius, Maju dan Sejahtera. 


Kemampuan daerah untuk membiayai berbagai program pembangunan saat ini masih terbatas, untuk itu perlu pemahaman semua pihak mengenai keterbatasan tersebut, bahwa tidak semua program akan dapat diakomodir/direalisasikan dari usulan yang telah dibuat namun haruslah disusun prioritas dari daftar panjang program-program yang ada, pembangunan tidaklah menjadi tanggungjawab Pemerintah saja, meskipun domainnya berada pada Pemerintah, namun keterlibatan atau partisipasi semua pihak sangat mempengaruhi keberhasilan pencapaian indikator pembangunan. Partisipasi semua pihak dimulai dari proses dan untuk itu pembangunan haruslah menjadi milik bersama,  sehingga keberhasilan dan keberlanjutan pembangunan dapat terjaga. 


Acara dilanjutkan dengan Penyerahan Bantuan dari Pemkab OKU dan Polres OKU Oleh PLH Bupati OKU Drs. H. Edward Candra, M.H., kepada Camat Muara Jaya Dini Justini. SE.MM dan Kepala Sekolah SD/SMP yang ada di Kecamatan Muara Jaya.


Turut hadir, PLH Ketua TP. PKK OKU, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan, OPD Terkait, Camat bersama Muspika Muara Jaya, Para Kades beserta Perangkat, FKBPD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat Kecamatan Muara Jaya.(Rd)