Bupati Karo Buka Musrenbang RKPD Karo 2023, Di Hotel Mikky Holiday Berastagi -->

Iklan Semua Halaman


Bupati Karo Buka Musrenbang RKPD Karo 2023, Di Hotel Mikky Holiday Berastagi

Wednesday, March 23, 2022


Karo,Lalulintaskriminalitas.com
- Musyawarah Rencana Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrembang RKPD) Karo 2023 dibuka oleh Bupati Karo, Cory S Sebayang, bertempat di Hotel Mikky Holiday Berastagi, Kabupaten Karo, pada Selasa (23/03/2022).


Acara dihadiri DPRD Karo, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), perangkat daerah se Kabupaten Karo, instansi vertikal se kabupaten Karo, forum CSR Karo, BUMN/BUMD, akademisi, pelaku dunia usaha, insan pers organisasi sosial dan kemasyarakatan (tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama) dan lainnya.


Musrenbang RKPD Karo 2023 bertemakan, "Optimalisasi Potensi Daerah dalam Rangka Peningkatan PAD dan Pemulihan Ekonomi Masyarakat".


Dalam sambutannya, Bupati Karo Cory Sebayang menyampaikan, bahwa  kegiatan Musrenbang ini merupakan media antar pihak-pihak yang mendapatkan manfaat atau dampak program kegiatan pembangunan daerah. Sebagaimana yang diwujudkan dari pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah.


"Musrenbang tingkat kabupaten ini telah diawali dengan Musrenbang di tingkat desa, kecamatan dan kabupaten. Semuanya ini mencerminkan, mekanisme perencanaan pembangunan yang telah mengedepankan prinsip-prinsip demokrasi dan integrasi. Jadi, diharapkan dapat mengintegrasikan pembangunan, aspirasi masyarakat dengan kebijakan dan program pembangunan dari pemerintah, "katanya.


Sambung bupati. "Capaian makro Kabupaten Karo tahun 2021 menunjukkan peningkatan, diantaranya laju pertumbuhan ekonomi yang mengalami perbaikan dari minus 80% menjadi 2,25% pembangunan manusia 83% tumbuh menjadi 0,54% dibanding tahun sebelumnya.


Disamping itu, pada sisi angka pengangguran dan kemiskinan mengalami peningkatan. Hal ini masih dipengaruhi oleh wabah Covid-19. Sehingga membutuhkan perhatian yang lebih serius.


"Untuk itu perlu dipersiapkan langkah strategis yang menghasilkan program kegiatan inovatif, agar dapat lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat kabupaten," jelas Bupati. 


Bupati juga berharap, segala upaya yang dilakukan demi kesejahteraan masyarakat Karo. (Usaha Pelawi/Prawira Pandia)