Mahasiswa UNRI KUKERTA Balek Kampung di Desa Sungai Sirih, Turut Meriahkan dalam Kegiatan Perlombaan TOGA dan KESLING -->

Iklan Semua Halaman


Mahasiswa UNRI KUKERTA Balek Kampung di Desa Sungai Sirih, Turut Meriahkan dalam Kegiatan Perlombaan TOGA dan KESLING

Wednesday, August 31, 2022


Sungai Sirih, Lalulintaskriminalitas.com
– Perlombaan Kesling (Kebersihan Lingkungan) dan TOGA (Tanaman Obat Keluarga) merupakan kegiatan rutinan setiap tahun yang diadakan oleh desa sungai sirih, Kecamatan Singingi, Kuantan Singingi, Riau. Dilaksanakan pada Kamis (18/8) acara dimeriahkan oleh seluruh  masyarakat Desa Sungai Sirih, dan Mahasiswa Kukerta balek kampung Universitas Riau 2022.



Tanaman TOGA merupakan tanaman yang mendukung kesehatan dan sebagai sumber penyediaan bahan baku obat dapat diolah dan bermanfaat bagi kesehatan, Sedangkan perlombaan Kebersihan Lingkungan merupakan perlombaan yang dapat menginovasi masyarakat Desa Sungai Sirih untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya.



Dihadiri oleh Mahasiswa KUKERTA Balek Kampung Universitas Riau 2022,  dan tim penilai dari Kecamatan Singingi. 

Perlombaan ini diikuti oleh seluruh RT dengan jumlah keseluruhan 20 RT yang memiliki  TOGA dengan kreativitas serta keunikannya masing-masing. Dalam hal ini Mahasiswa Kukerta balek kampung Universitas Riau 2022 juga  ikut serta dalam gotong royong dan penanaman tanaman TOGA. Adapun jenis tanaman obat yang digunakan seperti Jahe, Kunyit, Kencur, Lengkuas, Sirih, dan masih banyak macam-macam tanaman obat lainnya.

 


Sementara itu, Ibu Fitri Yanti Agus Mandar, selaku Sekcam Kecamatan Singingi, menyatakan  sangat senang dengan semangat warga dalam berpartisipasi dan kemeriahan acara lomba TOGA dan Kesling, dan dengan adanya lomba ini membuat warga desa sungai sirih menjadi sadar tentang manfaat TOGA dan kebersihan lingkungan di desa itu sangat penting.


 


“Banyak hal yang dapat kita ambil dengan adanya kegiatan ini, masyarakat Desa Sungai Sirih dapat lebih menjunjung rasa kekeluargaan dan kekompakannya terhadap satu sama lain. Dan saya berharap dari Adik-adik Mahasiswa KUKERTA Balek Kampung Universitas Riau 2022 Desa Sungai Sirih ini mendapat pengalaman serta mengambil hal baik dan positifnya”, Pungkas Sitas Riyanto S.Sos selaku kepala Desa Sungai Sirih.(Nabila)