Proyek Optimalisasi Drainase di Kelurahan Balai Raja di Kecamatan Pinggir -->

Iklan Semua Halaman

Proyek Optimalisasi Drainase di Kelurahan Balai Raja di Kecamatan Pinggir

Saturday, September 24, 2022


Pinggir, Lalulintaskriminalitas.com
- Kelurahan Balai Raja sering mengalami musibah banjir apabila setiap kali hujan deras turun. Apabila banjir ketinggian air bisa naik dari 50 Cm sampai  1 meter sampai sampai hampir menenggelamkan rumah penduduk.  Kalau sudah begini banyak masyarakat yang mengeluh banyak peralatan rumah tangga yang terkena genangan air seperti televisi ,meja kursi sofa, kulkas, lemari kain, dll tergenang air, sehingga peralatan rumah tangga itu bisa  menjadi rusak. Kejadian ini sering terjadi apabila dikelurahan Balai Raja turun hujan yang sangat deras sehingga air sungai Balai Raja meluap. Hal ini sering dirasakan oleh warga masyarakat  terutama bagi warga masyarakat yang tinggal disekitar dekat  tepian sungai  Balai Raja.



Seringkali setiap turun hujan deras RT- RT ,  RW- RW dan LPMK selalu dipanggil oleh warga masyarakat untuk menyaksikan banjir dan diminta untuk segera bisa mengatasi masalah banjir yang sering kali  terjadi. Akhirnya beberapa RT , RW dan LPMK Kelurahan Balai Raja  melaporkan peristiwa ini  kepihak kelurahan Balai Raja.  Atas laporan Beberapa RT ,  RW dan LPMK  tersebut  pihak kelurahan juga akhirnya turun untuk meninjau langsung kejadian banjir tersebut. Atas kejadian tersebut  pihak kelurahan melapor ke pihak kecamatan dan ke dinas  PU ( Dinas Pekerjaan Umum ).




Alhamdulillah Pihak Pemerintahan Kabupaten Bengkalis dibawah kepemimpinan Kasmarni S.Sos MMP cepat tanggap terhadap keluhan masyarakat kelurahan Balai Raja tersebut. Akhirnya pemerintahan kabupaten Bengkalis mengucurkan Dana sebesar kurang lebih Rp 7.773.446.804,78 untuk perbaikan pencucian,  pembersihan, pengerukan sungai dan pembuatan turap.


Saat ini sedang dilaksanakan pengerjaan pencucian , pembersihan, pengerukan sungai dan pembuatan pemasangan  turap .  Pemborong pengerjaan pembersihan, pengerukan sungai dan pengerjaan pemasangan  turap adalah Along. Saat ini cuaca dan iklim dikelurahan Balai Raja  juga sering turun hujan.  Dana yang digelontorkan dari Pemerintah kabupaten Bengkalis kurang lebih  sebesar Rp 7.773.446.804,78 untuk Optimalisasi Drainase Sungai dan Pemasangan Turap . Kegiatan ini terlaksana karena  partisipasi warga masyarakat yang peduli dalam   pembayaran pajak.


Pelaksanaan Proyek sesuai dengan yang ada  di plang proyek adalah CV TRI ABDI NUSANTARA.. Konsultan Pengawas adalah ANDIRA PENTA MANDIRI KONSULTANT. Konsultan Perencana adalah  CV. NADHIRA UTAMA. Waktu Pelaksanaan adalah 135 hari kalender. Sedangkan lokasinya di 7 titik dikecamatan Pinggir.


Lokasi  pengerjaan proyek ada di 7 titik,menurut Along ( Pemborong ) antara lain :

1. Parit di Jalan Semangka di Desa Pinggir.

2. Parit di Jalan Salim di Desa Pinggir

3. Parit di Jalan Seroja di Desa Pinggir

4. Parit di Jalan Kenanga di Desa Pinggir

5. Parit di Jalan Pelita di Kel. Titian Antui

6. Sungai dan turap di jalan Swadaya.

7. Sungai dan turap sungai Balai Raja.


Lurah Balai Raja Hemalina S Sos  

Tanggapan Lurah Kelurahan Balai Raja Hemalina S Sos  tentang  proyek Optimalisasi Pencucian Sungai Balai Raja,  sebaiknya dana yang dikucurkan yang tertera di plang proyek untuk pengerjaan sungai dan turap untuk Kelurahan Balai Raja sebaiknya  dipisahkan dengan pengerjaan proyek untuk daerah kelurahan ataupun desa yang lain,  sehingga masyarakat tahu berapa dana yang dipakai untuk kelurahan Balai Raja. Dan Lurah kelurahan Balai Raja juga berharap dengan selesainya pengerjaan pembersihan sungai dan turap  masyarakat kelurahan Balai raja tidak mengeluh banjir lagi seperti  banjir  ditahun tahun  yang lalu.


Lurah Kelurahan Balai Raja Hemalina S.Sos ,

Ketua LPMK Kelurahan Balai Raja Samianto dan juga perangkat kelurahan lainnya seperti Ketua RW dan Ketua RT  serta masyarakat kelurahan Balai Raja berharap dengan selesai nya pengerjaan proyek  pembersihan, pengerukkan dan pemasangan turap nanti diharapkan masyarakat kelurahan Balai Raja tidak mengalami banjir lagi.



Lurah Kelurahan Balai Raja Hemalina S.Sos  dan Ketua LPMK Kelurahan Balai Raja Samianto,  Ketua RW,  Ketua RT, Tokoh masyarakat dan masyarakat kelurahan Balai Raja  mengucapkan rasa terimakasih kepada pemerintah  kabupaten Bengkalis Kasmarni. SSos MMP  yang telah Memasukkan Anggaran Pembangunan Obtimalisasi  Drainase Sungai di Kelurahan Balai Raja  ( Anto)