Pembukaan Pendidikan Wawasan Kebangsaan(PWK) Tahun 2022. Di hadri Sekretaris Daerah OKU. -->

Iklan Semua Halaman


Pembukaan Pendidikan Wawasan Kebangsaan(PWK) Tahun 2022. Di hadri Sekretaris Daerah OKU.

Friday, November 25, 2022


Baturaja, lalulintaskriminalitas.com
- Sekretaris Daerah OKU H. Achmad Tarmizi Menghadiri Pembukaan Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PWK) Kabupaten OKU Tahun 2022 Bertempat di Dodiklatpur Rindam II/Sriwijaya (Kamis, 24/11/2022).



Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten OKU Taufiq, S.H., M.M menyampaikan  penyelenggaraan PWK ini berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 29 Tahun 2011 tentang pedoman Pemerintah Daerah Dalam Rangka Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila. Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 38 Tahun 2011 tentang Pedoman Peningkatan Kesadaran Bela Negara



Tujuan dari penyelenggaraan PWK ini adalah untuk mengoptimalkan pengembangan dan pelaksanaan nilai kebangsaan guna pemberdayaan dan penguatan kesadaran berbangsa dan bernegara berlandaskan Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI.



Adapun materi meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, NKRI dan Outbound. PWK tahun 2022 ini diiki sebanyak 100 orang peserta  terdiri dari pegawai kelurahan,  kecamatan, perangkat desa, ASN, Pencak Silat, Ormas, KONI, dan Pramuka.


Sementara itu, Sekretaris Daerah  mewakili Pj. Bupati OKU yang sekaligus juga ketua PWK Kabupaten OKU H. Achmad Tarmizi mengatakan penyelenggaraan pendidikan wawasan kebangsaan tahun 2022 ini merupakan agenda rutin pemerintah daerah melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik kabupaten OKU.yang bertujuan untuk semakin mempertebal, memantapkan, dan menyempurnakan semangat cinta tanah air dan pemahaman akan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa indonesia. 


Dikatakan Achmad Tarmizi,   penyelenggaraan pendidikan wawasan kebangsaan merupakan bagian dari media untuk memantapkan dan memperkokoh nilai-nilai kebangsaan, menghargai pluralitas, pengembangan demokratisasi yang dilandasi penghargaan atas kemajemukan dan keanekaragaman yang bersatu, serta  membangun karakter bangsa yang mampu menyesuaikan dengan tuntutan daya saing internasional.


Pendidikan wawasan kebangsaan adalah untuk mewujudkan revolusi mental melalui pemahaman terhadap konsepsi empat konsensus dasar kehidupan berbangsa, yang meliputi Pancasila, UUD 1945,  Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI.  


Pendidikan wawasan kebangsaan harus terus  dilaksanakan pada setiap aspek kehidupan, melalui berbagai jalur pendidikan, serta diberikan bagi semua komponen bangsa  agar menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan sosial kemasyarakatan sebagaimana cita-cita luhur perjuangan para pejuang kemerdekaan dan pendiri bangsa.


Kepada peserta pendidikan wawasan kebangsaan dapat  inmensosialisasikan dan mencerahkan kembali pemahaman segenap komponen bangsa terhadap empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara. 


Kita semua, kata Achmad Tarmizi berkewajiban memperluas pemahaman kebangsaan kepada setiap warga masyarakat. Mari kita mengintrospeksi diri, sejauh mana tanggung jawab kita dalam menjaga dan mengaktualisasikan Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI sebagai pilar kehidupan berbangsa dan bernegara.


Kita dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat, akan pentingnya persatuan, kejujuran, toleransi, kesetia-kawanan, kerja sama, tanggung jawab, dan komitmen memajukan bangsa dan negara melalui semangat pengabdian terbaik pada jalur profesi dan lingkungan masing-masing.


Tema pendidikan wawasan kebangsaan tahun 2022 ini yaitu “Melalui pendidikan wawasan kebangsaan kita tingkatkan pengamalan nilai-nilai wawasan kebangsaan dalam mewujudkan Ogan Komering Ulu yang bersih, kreatif, religius, maju dan sejahtera”.


Hadir pula pada acara ini Kodim 0403/OKU, Dandodiklatpur Rindam II SWJ, Polres OKU, Wadan Dodik Latpur Rindam, Kepala OPD Camat Baturaja Barat dan undangan lainnya.(rd)