RAPAT ORGANISASI PERS. PERTEMUAN AKBAR BAHAS "UKW GATE" PWI PUSAT. KORUPSI DANA HIBAH KEMENTERIAN BUMN RP 2,9 MILYAR -->

Iklan Semua Halaman

RAPAT ORGANISASI PERS. PERTEMUAN AKBAR BAHAS "UKW GATE" PWI PUSAT. KORUPSI DANA HIBAH KEMENTERIAN BUMN RP 2,9 MILYAR

Wednesday, April 24, 2024

RAPAT ORGANISASI PERS.  PERTEMUAN AKBAR BAHAS "UKW GATE" PWI PUSAT. KORUPSI DANA HIBAH KEMENTERIAN BUMN RP 2,9 MILYAR


1. Bahwa menyikapi perkembangan kasus dugaan Korupsi dana hibah Kementerian BUMN Rp.2,9 Milyar untuk pelaksanaan UKW (Uji Kompetensi Wartawan) yang dikucurkan ke PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Pusat, organisasi pers dipandang perlu bersama-sama menyikapi hal tersebut.

2. Bahwa dana hibah Kementerian BUMN untuk tiga tahun kedepan sebesar Rp.18 Milyar. Baru dikucurkan Rp.6 milyar tahap pertama. Namun dana yang turun diduga dikorup sebesar Rp. 2,9 Milyar sebagaimana diungkap Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat, Sasongko Tedjo.

3. Bahwa telah terjadi keretakan di dalam kepengurusan PWI Pusat, Periode 2023-2028. Antara Pengurus PWI Pusat dengan Dewan Penasehat PWI Pusat, Ilham Bintang dan Timbo Siahaan telah terjadi perselisihan terkait dengan informasi yang disampaikan Dewan Penasehat tentang dugaan korupsi dana hibah Kementerian BUMN

4. Bahwa masalah korupsi di tubuh PWI Pusat, bukanlah hal biasa. Ini bukan pelanggaran etik, tapi sudah merupakan kasus kriminal. Adanya korupsi ini telah menciderai nama baik wartawan secara umum, karena dimasyarakat, mulai ada stikma, wartawan yang seharusnya ikut memberantas KKN (Kolusi, Korupsi dan Nepotisme) malah ikut korupsi. Ini makin memprihatinkan ketika itu terjadi di tubuh organisasi wartawan tertua di Indonesia.

5. Bahwa para wartawan dan atau organisasi pers yang tidak tergabung di PWI maupun Dewan Pers, dengan kasus *UKW GATE* (Korupsi dana hibah UKW) telah ikut terciderai. Masyarakat hanya menilai secara general bahwa sekarang wartawan sudah korupsi. Ini tentu berdampak pada aktivitas dalam menjalankan peran dan fungsinya sebagai wartawan dilapangan. Ada stikma negatif masyarakat yang merugikan insan pers.

6. Bahwa untuk itu *PWMOI (Perkumpulan Wartawan Media Online Indonesia)* menganggap penting adanya pernyataan sikap bersama organisasi pers (Baik individu maupun organisasi) terhadap kondisi ini. Untuk itu diperlukan forum bersama menyikapinya.

7. Bahwa sikap dari organisasi pers ini nantinya akan disampaikan secara resmi kepada pemerintah dan Presiden Republik Indonesia, terkait kondisi pers saat ini, Dewan Pers maupun PWI, Pelaporan ke penegak hukum serta Mekanisme Hibah Pemerintah, BUMN maupun BUMD. Korupsi dana hibah merupakan peristiwa yang memalukan dan memprihatinkan dunia pers

8. Bahwa untuk pertemuan tersebut PWMOI (Perkumpulan Wartawan Media Online Indonesia) bersedia memfasilitasi.


Bagi mereka dan atau organisasi yang tertarik ikut dalam Pertemuan Akbar UKW GATE dapat *mendaftar* ke PWMOI melalui Nomor WA : *08889080471* atau email : *pwmoi.pusat@gmail.com.* Sebut dari institusi mana.


*DRS.KRH HM.JUSUF RIZAL,SH,SE,M.Si,* 

Ketua Umum PWMOI (Perkumpulan Wartawan Media Online Indonesia)