Gempa Banten Terasa sampai Bogor -->

Iklan Semua Halaman

Gempa Banten Terasa sampai Bogor

Wednesday, January 24, 2018
Lalulintaskriminalitas.com, Jakarta - Gempa berkekuatan 6,1 SR mengguncang Banten. Gempa dirasakan cukup kencang, sampai ke Bogor.

"Cimande, Bogor, pun terasa, sampai kaget," kata pembaca detikcom, Aminatussadiah, lewat fasilitas komentar detikcom, Selasa (23/1/2018).

Gempa yang berpusat di 81 km arah barat daya dari Lebak, Banten, ini juga terasa sampai Cikarang. "Daerah Cikarang Barat juga kena dampaknya," kata pembaca detikcom lainnya, Joni.

Pembaca detikcom di sekitar Jabodetabek juga banyak mengirim testimoni ikut merasakan efek gempa ini. Salah seorang pembaca mengungkap gempa terasa sangat kencang dan membuat jembatan halte TransJ di Harmoni, Jakarta Pusat, bergoyang kencang.

Gempa ini sangat kencang dan membuat sejumlah karyawan di gedung perkantoran berhamburan keluar. "Lampu gantung di gedung Ombudsman RI bergoyang, lantai terasa bergelombang, seluruh personel dan tamu dievakuasi ke luar gedung," kata komisioner Ombudsman RI Alvin Lie dalam keterangannya.

BMKG memastikan gempa yang mengguncang Banten dan sekitarnya, termasuk Jakarta, tak berpotensi menimbulkan tsunami. "Gempa berkekuatan 6,4 (lima menit pertama), pusat gempa 81 km barat daya Lebak, Banten. Update kekuatan gempa 6,1 SR," kata Daryono, Kepala Bidang Informasi dan Gempa Bumi BMKG, dalam keterangannya, Selasa (23/1/2018).

Daryono mengatakan, gempa itu, berdasarkan kedalamannya, disebabkan oleh aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang mendesak ke bawah Lempeng Eurasia di selatan Banten.

Jika pembaca setia detikcom turut merasakan efek gempa di Lebak, Banten, silakan bagikan kisah anda melalui email redaksi@detik.com. Jangan lupa sertakan nomor kontak, foto dan video apabila ada ya untuk melengkapi kisahnya, untuk dijadikan pengalaman bersama. 

 

Sumber : Detikcom