Jokowi Tinjau pembagunan Tanggul pengedali Banjir di sintang -->

Iklan Semua Halaman

Jokowi Tinjau pembagunan Tanggul pengedali Banjir di sintang

Thursday, December 16, 2021


SINTANG, KALBAR

lalulintaskiriminalitas.com presiden jokowidodo ( jokowi) meninjau  pembangunan Tanggul pengendali Banjir yang berlokasi di Kelurahan Ladang kecamatan/ Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Rabu (08/12).


Pembagunan Tanggul tersebut di harapkan dapat menjadi solusi jangka pendek untuk mengendalikan banjir yang kerap terjadi di wilayah Sintang. 

Kita meninjau Pembagunan infrastruktur dalam jangka mengatasi banjir, ini dalam jangka pendek nya, yaitu dengan membuat Tanggul dari geotube yang di isi pasir yang kita harapkan dalam jangka pendek bisa mengurangi banjir yang ada kata presiden. 


sementara untuk solusi jangka menengah dan panjang. Presiden menekankan pentingnya reboisasi untuk memperbaiki kerusakan di daerah aliran sungai (DAS) dan daerah tangkapan air hujan atau catchment area.

selain akibat hujan ekstrem, kerusakan lingkungan di DAS dan daerah tangkapan ini juga memicu terjadinya  banjir Sintang. 


yang perlu kita atasi adalah kerusakan daerah aliran sungai, kerusakan catchment area.inilah yang juga akan kita siapkan untuk kerjakan penanaman pohon penghutanan kembali daerah- daerah yang berada di sekitar sungai Kapuas  Maupun Sungai Melawi ujarnya. 


Upaya itu, lanjut presiden, di harapkan akan memperbaiki daerah aliran sungai dan area tangkapan air hujan, utamanya di daerah hulu.


saya akan perintahkan kepada kementerian lingkungan hidup dan kehutanan serta perusahaan- perusahaan swasta besar yang ada di sini untuk membuat nursery/ persemaian sehingga penghutanan kembali itu betul- betul bisa berjalan, tegasnya. 


dalam jangka menengah, pemerintah melalui kementerian Pekerja umum dan perumahan rakyat juga akan melakukan sejumlah upaya pengendalian banjir, seperti pengerukan danau dan penataan sistem pengaliran di sungai Kapuas hingga menyusun rencana besar pengendalian banjir di wilayah sungai Kapuas. 

adapun dalam jangka panjang, pemerintah akan membangun Bendungan sungai pinoh dan melakukan pemeliharaan berkala sungai danau di wilayah sungai Kapuas,


Setelah meninjau Tanggul pengedali Banjir, presiden menuju halaman Detasemen kesehatan wilayah Sintang dan menyaksikan penyerahan bantuan berupa mobil dapur umum dan perahu karet.selain itu di serahkan juga bantuan sosial bagi masyarakat yang di berikan pada 10 perwakilan penerimaan secara simbolis. 


Turut memdampingi presiden dalam kesempatan tersebut yaitu menteri pekerjaan umum dan perumahan rakyat Basuki Hadimuljono, menteri sekretaris negara pratikno, menteri sosial Tri Rismaharini, dan sumadi dan juga Bupati Sintang dr.H. Jarot Winarno m.med. PH. 


Meski kecewa karena tidak bisa Langsung berjabat tangan dengan orang nomor satu di Indonesia, tetapi masyarakat mengaku sangat telah di kunjungi presiden jokowi. 

warga berharap  kedatangan jokowi bisa menjadi solusi mengatasi banjir yang tiap tahun melanda Sintang. 



( Muhammad Budi)