Universitas Terbuka di peruntukkan untuk Pendidikan Guru Sekolah Dasar tahun 2022 melalui Dinas pendidikan Ogan Komering Ulu. -->

Iklan Semua Halaman

Universitas Terbuka di peruntukkan untuk Pendidikan Guru Sekolah Dasar tahun 2022 melalui Dinas pendidikan Ogan Komering Ulu.

Sunday, February 6, 2022


Baturaja, lalulintaskriminalitas.com
- Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Komering Ulu  akan membuka perkuliahan Pendidikan Guru sekolah dasar ( PGSD) di tahun 2022,  bagi guru yang ada dikabupaten Oku yang bekerjasama dengan universitas terbuka ( UT)  melalui program perkuliahan Pendidikan Guru Sekolah Dasar ( PGSD)  hal ini diungkapkan oleh kepala dinas Pendidikan Kabupaten H.TEDDY MEILWANSYAH.S.STP.MM.M.Pd Melalui kepala seksi PTK SMP Dinas pendidikan Oku Robiyanto . SE.MM diruang kerjanya Kamis (3/2/2022).


Lanjut Robi perkuliahan melalui UT ini sudah ada yang mendaftar lebih kurang 35 orang mereka baru menyerahkan berkas apa syaratnya dimana akan mentransfer uangnya dan bagaimana perkuliahannya. kami selaku petugas yang menghimpun dan merekrut calon mahasiswa UT program PGSD kami sudah memberi informasi bagaimana cara pendaftaran bank yang ditunjuk mentransfer uang pendaftaran yang bekerjasama dengan universitas terbuka. Tahun lalu kami menggunakan paket perkuliahan 3 semester untuk tahun ini kami masi menunggu kebijakan UT untuk perkuliahan calon mahasiswa UT sebagai acuan, dan  Kami juga masi menerima  calon mahasiswa Program PGSD untuk semua guru baik yang menghonor maupun yang sudah ASN ( Aparatur sipil negara ) untuk mengikuti perkuliahan UT tahun ini hingga bulan April awal perkuliahan dimulai.   Setelah tahap pendaftaran telah dilakukan  secara online dengan mengisi formulir pendaftaran  dan semua syarat sudah dilampirkan calon mahasiswa juga  harus  melampirkan syarat menghonor  satu tahun yang ditanda tangani oleh kepala sekolah   tempat ia mengajar, ini merupakan syarat wajib untuk menjadi calon mahasiswa UT dan merupakan kebijakan dari rektor UT. untuk pendaftaran sendiri dikirim melalui online yang tertera di website universitas terbuka. Terang Robi.


Selain syarat diatas calon mahasiswa juga hari melampirkan surat keputusan ( SK ) masa bekerja disekolah tersebut yang dikumpulkan sebagai syarat untuk mengikuti perkuliahan  di 2022 tahun ini, dilanjutkan mereka harus melampirkan mata kuliah yang sudah dilalui sebelum masuk ke UT sebagai angka kredit untuk mengikuti perkuliahan di UT dengan angka kredit mata kuliah tersebut  atau yang disingkat SKS , setelah melampirkan mata kuliah selanjutnya mata kuliah tersebut  harus di konferensi oleh team penilai FKIP sebagai syarat mata kuliah yang layak ataupun tidak layak, apabila mata kuliah yang dilalui sudah layak dalam perkulihan di UT maka tidak akan di ulang untuk kuliah berikutnya dan apabila kurang maka mata kuliah tersebut akan ditambah  di semester  ke dua di perkuliahan UT . 


Sebagai sosialisasi ke sekolah kami telah melakukan sosialisasi program( Sosprom)  ke sekolah- sekolah menengah atas di kabupaten oku    dengan siswa kelas 3 SMU, ini merupakan kelompok kerja dinas pendidikan Oku agar perkuliahan UT bisa berkembang dan maju. Akan tetapi yang menjadi kendala setelah sosialisasi ke sekolah dan media sosial group Whatsapp  syarat yang  mendasar calon mahasiswa untuk  PGSD Universitas terbuka harus menghonor satu tahun, ini berdasarkan surat edaran UT tahun ini. Kedepan  agar mahasiswa keluaran UT ini bisa menjadi guru yang benar- benar memiliki bidang ilmu yang mempuni jelas Robi.( Rd)