Warga Diminta Tidak Melakukan Aktivitas, Status Gunung Sinabung Masih Level III Siaga -->

Iklan Semua Halaman

Warga Diminta Tidak Melakukan Aktivitas, Status Gunung Sinabung Masih Level III Siaga

Friday, February 4, 2022


Karo,Lalulintaskriminalitas.com
- Walau dilihat tenang tanpa adanya erupsi dalam satu tahun ini, namun status Gunung Sinabung di Kabupaten Karo masih level III (Siaga).


Hal itu dijelaskan dalam laporan pengamat Gunung api Sinabung, Armen Putra yang melaporkan setiap 6 jam pada grup Whatsap, Rabu (2/2) periode pukul 6.00 -12.00 WIB, Gunung api Sinabung yang berada pada ketinggian 2460 Mdpl itu terpantau cerah dan berawan.


Angin pada lokasi gunung bertiup lemah ke arah timur laut dan barat dengan suhu udara 19-25 °C. "Teramati asap berwarna putih dengan intensitas tipis, hingga tebal dan tinggi 100-300 m di atas puncak kawah," katanya.


Sebab itu, pihak PVMBG pos pengamatan Gunung api Sinabung di Desa Ndokum Siroga tetap mengimbau, agar masyarakat dan pengunjung/wisatawan tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi.


Kemudian tidak melakukan aktivitas pada lokasi di dalam radius radial 3 Km dari puncak serta radius sektoral 5 Km untuk sektor selatan-timur, dan 4 Km untuk sektor timur-utara dan barat. "Jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah, untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh," jelasnya. (Roy Pandia/Usaha Pelawi)