PJ Bupati OKU, Forkopimda dan ASN Sholat Idul Adha.1443 H di Pendopo Rumah Dinas Bupati -->

Iklan Semua Halaman


PJ Bupati OKU, Forkopimda dan ASN Sholat Idul Adha.1443 H di Pendopo Rumah Dinas Bupati

Monday, July 11, 2022


Baturaja, lalulintaskriminalitas.com
- Penjabat Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah Melaksanakan Sholat Idul Adha 1443 Hijriyah Bersama Keluarga dan Forkopimda OKU Serta Jajaran ASN Di Lingkungan Pemkab OKU, Bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati OKU. (Minggu, 10/07/2022). 



Bertindak sebagai Imam dalam pelaksanaan sholat Idul Adha ini yakni Ridho Akbar Hidayat Alhafidz Mahasiswa Universitas Madinah sedangkan untuk khutbah disampaikan oleh H. Rahmat Subekhi Ketua BKPMRI Kabupaten OKU


Dalam sambutannya Penjabat Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah., Menyampaikan Mlmeskipun masih dalam kondisi pandemi Covid-19 namun kiranya tidak mengurangi kekhusukan kita beribadah dan tetap mensyukuri hikmah suasana Hari Raya Idul Adha tahun ini. 


Walaupun sesungguhnya ditahun ini sudah diperbolehkan untuk melaksanakan sholat Idul Adha berjamaah di masjid-masjid namun harus tetap wajib menjaga protokol kesehatan. 


Selain menghimbau masyarakat untuk melaksanakan sholat Idul Adha dengan protokol kesehatan, Pemerintah Daerah juga berharap kepada warga untuk melaksanakan qurban sesuai dengan pedoman dan aturan yang telah ditetapkan ditengah kondisi penyakit mulut dan kuku (PMK).


Disamping Idul Adha dinamakan hari Raya Haji juga dinamakan “Idul Qurban”, karena merupakan hari raya yang menekankan pada arti berkorban. Qurban itu sendiri artinya dekat, sehingga qurban ialah menyembelih hewan ternak untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. 


Dalam konteks kehidupan saat ini, pengorbanan secara nyata dapat diaktualisasikan dalam bentuk keikhlasan dan ketulusan kita dalam menjalankan kehidupan, dalam menampilkan pengabdian terbaik bagi masyarakat dan bangsa, serta ikhlas dalam menerima semua kehendak Allah. 


“Kami juga menghaturkan permohonan maaf jika ada kesalahan dalam pelaksanaan tugas dan kebijakan. Karena sebagai manusia tentunya tempat khilaf dan atas nama pribadi maupun Pemerintah Kabupaten OKU menyampaikan mohon maaf lahir dan bathin,” kata Teddy Meilwansyah.


Terkait dengan perayaan Idul Adha, Teddy Meilwansyah mengatakan momen ini tak lepas dari pelaksanaan Ibadah Haji. Teddy Meilwansyah mengajak segenap jamaah untuk mendoakan para jamaah haji yang tengah melaksanakan rangkaian ibadah haji di Tanah Suci senantiasa diberikan kelancaran, kekuatan, dan kemudahan.


Teddy Meilwansyah juga mengajak jamaah untuk meneladani ketaatan Nabi Ibrahim atas perintah Allah yang menjadi dasar pelaksanaan ibadah qurban. Keteladanan ini hendaknya menjadi penyemangat bagi umat Islam untuk senantiasa bersedekah, memaknai hakikat pengorbanan, dan tolong menolong.


Dalam suasana Idul Adha 1443 Hijriyah sudah seharusnya kita senantiasa melakukan perubahan sikap, pembaharuan pola fikir, dan penguatan komitmen untuk memberikan pengabdian terbaik bagi kepentingan umat, dan selalu mengevaluasi tingkat ketakwaan kita kepada Allah SWT. 


Sementara H. Rahmat Subekhi dalam khotbahnya menyampaikan hikmah Hari Raya qurban yang patut kita petik yakni pengorbanan Nabi Ibrahim dan Ismail yang paling besar dalam sejarah umat manusia dan mengarah pada membangun kepedulian sosial, peningkatan makna kehidupan, peningkatan nilai diri dan pembersihan jiwa dan nurani. 

 

Selesai melaksanakan sholat Idul Adha, Penjabat Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah dan keluarga menyaksikan penyembelihan hewan qurban dan mendoakan semoga niat berqurban yang dilakukan akan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dan memberikan nilai manfaat bagi yang menerimanya.


Turut hadir, Dandim 0403 OKU beserta keluarga, Kapolres OKU beserta keluarga, Para Asisten Setda OKU, Staf Ahli Bupati OKU, Kepala OPD, Para Kabag, Camat dan Lurah, Para ASN di Lingkungan Pemkab OKU, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Masyarakat Sekitar dan Keluarga Besar H. Teddy Meilwansyah.(Rd)