Sekda OKU Achmad Tarmizi Bersama Danrem 044/ GAPO Menghadiri penanaman jagung Rakyat -->

Iklan Semua Halaman


Sekda OKU Achmad Tarmizi Bersama Danrem 044/ GAPO Menghadiri penanaman jagung Rakyat

Friday, July 15, 2022


Baturaja, lalulintaskriminalitas.com
- Sekda OKU H. Achmad Tarmizi Menghadiri Acara Penanaman Jagung Rakyat Oleh Danrem 044/GAPO Bersama Forkopimda OKU Dengan Pola Kemitraan PT. Mitra Tanam  Sejahtera dan Masyarakat Dalam Rangka Ketahanan Pangan di Wilayah Kodim 0403 OKU, Bertempat Di Lokasi Tanam Desa Rantau Kumpai Kecamatan Sosoh Buay Rayap. (Selasa, 12/07/2022).



Dalam sambutanya Dandim 0403/OKU Letkol Inf Ferizal R. S.I.P., Mengatakan bahwa kegiatan pendampingan ini dilakukan guna menciptakan keakraban dengan petani, serta bertujuan untuk memberikan motivasi kepada para petani agar lebih giat lagi dalam bekerja.



Kita sangat berharap meski dalam situasi pandemi Covid-19 yang cukup menggoyahkan perekonomian masyarakat ini, para petani mampu bangkit dan terus bersemangat dalam mengolah lahan, disini lah peran kami sebagai TNI dan PT. MTS dalam melakukan pendampingan kepada petani. 


Kami juga bekerjasama dengan PT MTS ini adalah dalam rangka pola tanam yang diterapkan bisa menghasilkan atau meningkatkan produk tanam luar biasa yang dilaksanakan bisa mencapai peningkatan 70 sampai dengan 90% itu untuk kemitraan harapannya nanti kepada perusahaan ini tidak hanya di bidang pembibitan saja melainkan untuk pemasaran juga. 


Sehingga ini dapat meningkat hasil panen nya, serta mempunyai harga yang tinggi ketika dijual dipasaran, sehingga perekonomian petani dapat terbantu dan kesejahteraan petani semakin meningkat


Sekda OKU H. Achmad Tarmizi., Mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas gagasan dan program budidaya community jagung melalui pola kemitraan dengan masyarakat setempat yang difasilitasi dan dibina oleh PT Mitra tanam Sejahtera


Orientasi pembentukan pusat-pusat produk komunitas pangan diintegrasikan secara wilayah dan sektoral yang berpotensi mendukung kebijakan pangan Nasional untuk menunjang keberhasilan program ketahanan pangan di daerah adalah kebersamaan yang erat antara institusi Pemerintah lintas sektoral dan partisipasi masyarakat.


Khususnya yang memiliki komitmen tinggi terhadap bidang ketahanan pangan termasuk pelaku bisnis yang bergerak didalam usaha komoditi pangan termasuk PT. Mitra tanam Sejahtera dalam mengembangkan budidaya tanaman jagung di daerah ini


Berkenaan dengan kegiatan penanaman jagung rakyat dengan pola kemitraan digerakkan PT Mitra Tanam Sejahtera di Desa Rantau Kumpai ini, kiranya semakin membuka peluang usaha dan prospek nilai ekonomi yang dihasilkan dengan budidaya tanaman jagung


Untuk itu saya menghimbau kepada semua kelompok tani di seluruh Kabupaten OKU teruslah belajar teruslah semangat dan teruslah bekerja keras melalui usaha kelola lahan perkebunan jagung sebagai upaya penunjang program pengembangan program ketahanan pangan di daerah kita ini.


Sementara Direktur PT. Mitra Tanam Sejahtera M. Bahar Sakti Wibowo., Mengatakan pengembangan lahan untuk ditanami jagung tujuan memberikan percontohan kepada petani serta masyarakat yang ada di sekitar wilayah lahan petani di Kabupaten OKU terkhusus di Rantau Kumpai ini untuk melakukan budidaya tanaman jagung yang benar dan sesuai dengan teknologi,


Kegiatan ini dalam rangka Program Ketahanan Pangan Nasional Sumsel Mandiri Pangan dengan Pola Kemitraan PT. Mitra Tanam Sejahtera dengan masyarakat dalam Rangka Ketahanan Pangan di Wilayah Kodim 0403 OKU.


Danrem 044/GAPO Brigjen TNI M. Naudi Nurdika, S.I.P., M.Si., M. Tr (Han)., Menyampaikan acara ini sebagai bentuk jalinan silaturahmi hubungan komunikasi antara TNI, Forkopimda OKU dan Pemkab OKU sehingga dalam penugasan kita mencapai tujuan yang diinginkan.


Adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan sinergitas antara TNI dengan komponen Pemerintah Daerah dalam membantu mewujudkan pembangunan yang maju dan sejahtera.


Program penanaman jagung yang dilaksanakan oleh TNI AD bekerja sama dengan pemilik lahan serta pihak ketiga PT. MTS merupakan program Panglima TNI.


Kegiatan penanaman jagung tersebut merupakan bentuk pengembangan program-program TNI dengan kelompok tani dan masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan sektor pertanian dan ketahanan pangan untuk meningkatkan perekonomian petani.


Danrem juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung dan terlibat dalam program-program Panglima TNI.


Diharapkan terciptanya pemahaman dan menyatukan persepsi dalam rangka menjalankan tugas pokok dan pembangunan di daerah.


Selain itu, anggota TNI juga selalu memberi motivasi dan masukan tentang bagaimana cara merawat tanaman jagung yang baik dan benar, sehingga diharapkan tanaman jagung ini nantinya mendapatkan hasil panen yang memuaskan.


Danrem memerintahkan kepada seluruh jajaran TNI AD agar dimanapun bertugas harus hadir ditengah-tengah kesulitan rakyat dan harus menjadi solusi karena itu sebagai bukti nyata TNI hadir bersama rakyat. 


Acara dilanjutkan dengan penanaman jagung rakyat dengan pola kemitraan bersama PT. Mitra Tanam Sejahtera dan masyarakat serta Forkopimda OKU. 


Turut hadir, Mewakili Forkopimda OKU, PLT. Asisten 2 Setda OKU, OPD Terkait, Camat Sosoh Buay Rayap, Kades se-Kecamatan Sosoh Buay Rayap, Masyarakat Petani serta Undangan Lainnya. (Rd)