BP2MI: Kabupaten Sambas memulangkan jenazah korban kebakaran di Bintulu Malaysia -->

Iklan Semua Halaman


BP2MI: Kabupaten Sambas memulangkan jenazah korban kebakaran di Bintulu Malaysia

Saturday, September 17, 2022

Sambas, Kalbar. lalulintaskriminalitas.com
.– Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Kabupaten Sambas memulangkan jenazah Dila, seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Desa Sepadu, Kecamatan Semparuk yang merupakan korban kebakaran di Bintulu Negara Malaysia, Jumat (16/8/2022).

Sebelumnya telah dikabarkan telah terjadi kebakaran Mess Samling di Bintulu (Kilang), Serawak, Malaysia, pada Sabtu (10/9/2022) lalu, sementara Dila sedang tertidur pulas di lokasi kejadian, usai api dipadamkan, Dila ditemukan sudah dalam keadaan meninggal dunia.

Koordinator Pos Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia BP2NI Kabupaten Sambas, Dewi Puji Lestari menjelaskan, pihaknya sudah mengurus pengembalian jenazah sejak 15 September 2022 dan pagi ini 16 September 2022 jenazah sudah tiba di PLBN Biawak dan BP2MI melakukan penjemputan jenazah untuk diantar ketempat kediamannya di Desa Sepadu, Dusun Seladu, RT 02 RW 01, Kecamatan Semparuk.

“Kami merapat ke PLBN Aruk pagi ini untuk menjemput dan memindahkan jenazah dari ambulans Biawak ke ambulans KKP Aruk. Perjalanan Alhamdulillah lancar, tidak ada kendala apapun hingga kami tiba sampai di sini,” jelasnya.

“Dari pihak perusahaan Sampling Bintulu juga ikut mewakili dan mendapingi jenazah dari Bintulu hingga sampai disini,” lanjut Dwi.

Dia mengatakan, kehadiran BP2NI untuk mengucapkan belasungkawa sedalam-dalamnya, menurutnya ini adalah suatu musibah dan tidak ada yang mengharapkan kejadian seperti itu.

Dwi menyebut pihaknya juga memberikan bantuan kepada pihak keluarga jenazah.

“Kami dari BP2NI dan Disnaker turut berduka cita, dari BP2NI juga ada memberikan sedikit bantuan tanggap darurat berupa bantuan belasungkawa kepada pihak keluarga ataupun ahli waris yang ditinggalkan,” kata Dwi.

Sementara itu, Kepala Shift Samling Plywood Bintulu, Rindon Mukalafi menuturkan saat ini belum mengetahui sampai mana proses asuransi jenazah dari Malaysia, namun dia menegaskan akan secepatnya mengurus hal tersebut jika sudah ada informasi dari Negaranya.

“Proses pengeluarannya itu tergantung kerajaan Malaysia, kalau dari sana prosesnya cepat, saya ataupun pihak perusahaan akan mengurus secepatnya asuransi almarhumah,” tuturnya.

Kepala Dusun Seladu, Radiman menyampaikan rasa terimakasih kepada BP2NI bersama pihak-pihak terkait yang sudah mengurus pemulangan jenazah serta memberikan beberapa bantuan terhadap pihak keluarga Dila.

“Atas nama kedua orang tua dan kakak, serta seluruh warga Desa Sepadu Dusun Seladu ini mengucapkan terimakasih yang setinggi-tinggi kepada pihak yang terlibat dalam pengembalian jenazah kami,” sampainya.

Radiman menyampaikan bahwa jenazah akan langsung dimakamkan oleh pihak keluarga dan warga Desa Sepadu pada hari ini juga pukul 14.00 WIB di desanya. (Jk)