Gubernur Riau, Bersama Danrem 031/Wira Bima, Kapolda Riau Dan Bupati Rohil Panen Raya Padi. -->

Iklan Semua Halaman

Gubernur Riau, Bersama Danrem 031/Wira Bima, Kapolda Riau Dan Bupati Rohil Panen Raya Padi.

Monday, October 17, 2022


Rohil, Lalulintaskriminalitas.com
- Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi bersama Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung S.A.P dan Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal melaksanakan serta Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP panen raya padi di Kepenghuluan Rokan Baru Pesisir Kecamatan Pekaitan, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Senin (17/10/2022).


Panen raya yang didampingi Bupati Rohil Afrizal Sintong bersama Dandim 0321 Rohil Letkol Inf M Erfani SH M.Tr (Han) itu ditandai dengan melakukan panen padi, pembagian paket sembako dari Pemkab Rohil, penyerahan bantuan bibit padi dari Pemprov Riau serta melakukan penebaran bibit benih ikan nila di kolam ikan yang ada ditengah sawah itu.


Panen raya ini merupakan salah satu program ketahanan pangan 1000 hektare Korem 031 Wira Bima dan Dan Dinas Pertanian se Provinsi Riau dalam rangka mengatasi kekurangan bahan pangan pokok seperti jagung, padi, nenas, dan ubi. 


Bupati Rohil Afrizal Sintong dalam sambutannya mengatakan bahwa, panen raya padi ratusan hektar yang merupakan binaan kodim 0321 Rohil tersebut sangatlah luar biasa.


Bupati menerangkan, pelaksanaan panen raya padi di lahan ratusan hektar di Kepenghuluan Rokan Baru Pesisir ini sudah sering dilaksanakan dari sebelumnya. Dimana katanya, lahan tersebut merupakan lahan beting hasil endapan lumpur dan sangat subur dijadikan lahan pertanian padi,” jelas Bupati Rohl.


Sehingga, Bupati meminta kepada Gubernur Riau, Danrem dan Dinas Pertanian untuk bisa membantu baik dari segi peralatan pertanian, pupuk maupun infrastruktur agar hasil pertanian masyarakat semakin meningkat,” harap Bupati.


“Tentunya kami juga sangat berterimakasih kepada Pak Dandim atas binaannya kepada kelompok tani kami yang ada di sini melalui para Babinsa sehingga para petani dapat berhasil,” kata Bupati Rohil.


Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga mengajak seluruh petani agar semakin semangat dalam mengelola pertanian khususnya padi. Sehingga, swasembada pangan dapat terpenuhi.


“Kami selaku pemerintah daerah akan terus memberikan dukungan dalam pengembangan pertanian padi baik dalam segi bantuan peralatan, pupuk maupun bibit padi,” terangnya.


Danrem 031 Wira Bima Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung dalam sambutannya menyebutkan bahwa, sejak menjabat sebagai Danrem, dirinya langsung melaunching program ketahanan pangan 1.000 hektare di seluruh Provinsi Riau dan yang paling besar berada di Kabupaten Rohil.


Program ketahanan pangan lanjutnya, terdiri dari berbagai jenis tanaman seperti jagung, nanas, padi dan berbagai tanaman lainnya.


Danrem menerangkan, sesuai dengan data yang diterima, panen raya padi di Kepenghuluan Rokan Baru Pesisir untuk tahap pertama ada seluas 40 hektar dengan hasil diharapkan mendapat 180 ton beras. Kemudian panen raya kedua seluas 133 hektar dengan hasil 650 ton beras, panen raya ketiga di lahan seluas 350 hektar dengan hasil 1 500 ton beras.


“Sementara untuk panen raya ke empat seluas 530 hektar yang akan kita laksanakan pada hari ini hasil perkiraan padinya sebanyak 2.200 ton,” terangnya.


Dengan panen raya tersebut, Danrem menyampaikan ucapan terimakasih kepada 13 gabungan kelompok tani maupun pendamping Babinsa dari kodim 0321 Rohil atas jerih payah mulai dari membuka lahan, menanam hingga pelaksanaan penen raya.


"Kerja keras seluruh kelompok tani dan pembinaan yang dilakukan Kodim 0321 Rohil ini tentunya secara langsung telah memberikan kontribusi kepada daerah Provinsi Riau khususnya Kabupaten Rokan Hilir terhadap kebutuhan pangan, ini membanggakan,” jelasnya.


Peran TNI katanya lagi, dalam tatanan pangan itu adalah wujud dari kemanunggalan TNI dengan rakyat di daerah dengan tujuan meningkatkan perekonomian sebagaimana kebijakan Presiden RI untuk menjaga perekonomian nasional agar tetap stabil.


Sementara itu, Gubernur Riau H Syamsuar dalam sambutannya mengatakan bahwa, persoalan bangsa pada saat ini adalah masih kekurangan pangan. “Karena itulah pemerintah melalui bapak Presiden kita menugaskan kepada kami baik kepala daerah, Kapolda, Danrem termasuk juga dari Kejaksaan bagaimana mengatasi kekurangan pangan ini,” katanya.


Selaku pemerintah sebut Gubri, saat ini terus mendorong seluruh unsur yang ada di kabupaten kota termasuk para petani dan juga pihak swasta agar terus mengembangkan ketahanan pangan yang merupakan persoalan nasional.


“Kami tentunya mengapresiasi kinerja kodim 0321 Rohil ini bersama warga yang ada di sini, tentunya kerjasama yang baik inilah sehingga kita bisa panen hari ini. Harapan kami, mudah-mudahan panen raya ini hasilnya bisa lebih baik daripada yang sebelumnya,” terangnya.


Gubernur menambahkan, pada tahun 2022 ini Pemerintah Provinsi Riau telah melaksanakan beberapa kegiatan di wilayah Kabupaten Rohil. Diantaranya, peningkatan produktivitas padi 200 hektar, ada peningkatan IP 800 hektar termasuk juga di rokan baru pesisir.


Kemudian juga ada bantuan benih padi hibrida 1.900 hektar, rehab rehabilitasi jaringan irigasi tersier satu unit, pembangunan embung pertanian satu unit, optimalisasi lahan rawa 700 hektar dan berbagai kegiatan lainnya.


"Sekali lagi saya menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya semoga dengan hasil usaha-usaha kerja keras kita ini dapat mengatasi kekurangan pangan yang ada di daerah Rohil khususnya dan Riau pada umumnya dan mudah-mudahan apa yang telah dihasilkan melalui para petani ini kiranya juga dapat ditingkatkan di masa yang akan datang,” pungkasnya.


Selain melaksanakan panen raya padi, dalam kesempatan itu Gubernur bersama Danrem 031/WB dan Kapolda didampingi Bupati Rohil juga melakukan penyebaran ribuan benih ikan dan pemberian alat pertanian serta pembagian sembako kepada masyarakat.**Ikang Fauzi.