WEBINAR NASIONAL KEILMUAN BIOLOGI (WNKB) SERIES #4 -->

Iklan Semua Halaman


WEBINAR NASIONAL KEILMUAN BIOLOGI (WNKB) SERIES #4

Wednesday, October 26, 2022

 Pekanbaru, 13 Oktober 2022


Assalamu'alaikum Wr. Wb

Hidup Mahasiswa! 

Hidup Biologi! 

Salam Lestari! 


WEBINAR NASIONAL KEILMUAN BIOLOGI (WNKB) SERIES #4


Pekanbaru (13/10/2022) - Webinar Nasional Keilmuan Biologi Series #4 merupakan salah satu agenda dari Dinas Pengembangan Potensi Akademik (PPA) yang dalam pelaksanaannya membahas mengenai Marka Molekuler Penanda Genetik Tumbuhan Khas Riau dan Ikan Lokal Daerah Riau. Acara diadakan pada tanggal 09 Oktober 2022 via Zoom Cloud Meetings. Webinar Nasional Keilmuan Biologi (WNKB) Series #4 kali ini mengambil tema “Pengenalan Marka Molekuler Pembeda Jenis Tumbuhan dan Ikan di Bumi Lancang Kuning”.


Pelaksanaan WNKB Series #4 dibuka oleh Master of Ceremony (MC) yaitu Saudara Muhammad Rikki dan Saudari Nurbaiti. Acara dilanjutkan dengan Menyanyikan lagu Mars Universitas Riau. Kemudian Kata Sambutan oleh Dekan FMIPA Universitas Riau oleh Bapak Dr. Syamsudhuha, M.Sc. Acara pembukaan diakhiri dengan Pembacaan Doa yang dibawakan oleh Saudara M. Arkan Ziyad.


Memasuki acara inti diawali dengan Materi I: Barkoding DNA pada Tumbuhan Paparan Banjir dan Tumbuhan Khas Riau dimoderatori oleh Kakanda Aldy Riau Wansyah Hasibuan, S.Si. Pemateri pertama dibawakan oleh Ibu Dosen Prof. Dr. Dewi Indriyani Roslim, M.Si. "Tujuan teknik barkoding DNA adalah untuk menentukan identitas organisme menggunakan sequens DNA berukuran pendek", ucap Prof. Dr. Dewi Indriyani Roslim, M.Si selaku pemateri I.


Kemudian acara dilanjutkan dengan Materi II: Penanda Genetik Ikan Lokal di Riau yang dibawakan oleh Ibu Dosen Dr. Roza Elvyra, M.Si. "Ikan selais merupakan famili ikan berkumis air tawar, tidak memiliki adipose fin, tidak mempunyai duri pada sirip punggung, dan sirip dubur sangat panjang" ucap Dr. Roza Elvyra, M.Si selaku pemateri II.


Webinar Nasional Keilmuan Biologi (WNKB) Series #4 berhasil mengundang dari seluruh Indonesia baik dari Pulau Sumatera hingga Pulau Jawa dengan memberikan materi seputar Pengenalan Marka Molekuler Pembeda Jenis Tumbuhan dan Ikan di Bumi Lancang Kuning.


Nantikan keseruan Webinar Nasional Keilmuan Biologi (WNKB) Series berikutnya ya!👋🏻

Oleh : Nabila Mulia Sutra