PJI Demokrasi Rohil Apresasi Kepada Bupati Afrizal Sintong Soal Penambahan Anggaran Media Tahun 2023 -->

Iklan Semua Halaman


PJI Demokrasi Rohil Apresasi Kepada Bupati Afrizal Sintong Soal Penambahan Anggaran Media Tahun 2023

Saturday, November 5, 2022


Rohil, Lalulintaskriminalitas.com
- Alek Marzen Wakil ketua III dari Perkumpulan Jurnalis Indonesia Demokrasi (PJID) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Provinsi Riau, memberikan apresiasi atas bentuk kepedulian Bupati Rohil Afrizal Sintong soal penambahan anggaran kerjasama media di tahun 2023 mendatang. Jumat (04/10/2022).


"Kami atas nama organisasi PJID Rohil memberikan apresiasi kepada Bupati Afrizal Sintong yang bersedia menambahkan anggaran soal kerjasama media di Diskominfotiks Rohil pada tahun 2023 mendatang, mudah mudahan kedepannya kerjasama ini dapat berjalan dengan baik," Kata Alek Marzen. 


Sebelumnya banyak diberitakan, Bupati Rohil Afrizal Sintong bersedia menambahkan anggaran kerjasama media pada tahun 2023 mendatang. 


Hal itu disampaikan Bupati Afrizal Sintong saat menghadiri acara secara langsung saat pertemuan dengan sejumlah Insan Pers terdiri dari pimpinan media, Kabiro dan wartawan terkait pembahasan kerjasama media bersama pemerintah daerah melalui dinas komunikasi Informatika statistik dan persandian (Diskominfotiks) Rohil pada Selasa malam (01/11/2022) lalu.


Bertempat di aula hotel lion Bagansiapiapi, Pertemuan bersama puluhan Insan Pers tersebut tampak dihadiri langsung Kadis Kominfotiks Rohil Indra Gunawan, S.E., Kabid IKP Hasnul Yamin, serta Rusdy PPTK (Pejabat Pelaksanaan Teknik Kegiatan) media online Diskominfotiks.


Pada saat itu Bupati Rohil Afrizal Sintong menyampaikan anggaran kerjasama media yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2023 mendatang akan dinaikan lebih dari tahun sebelumnya. 


"Anggaran APBD Perubahan 2022 nanti kita tambah lagi anggaran sebesar Rp.2.000.000.000,00 (dua miliar rupiah) sementara untuk Kerjasama media online tahun 2023 ditambah sebesar 7 (tujuh) miliar untuk media cetak ditambah sebesar 5 (lima) miliar," Kata Afrizal.


Pertemuan yang mengundang beberapa pengurus organisasi Pers di ibukota rohil seperti Perkumpulan Jurnalis Indonesia Demokrasi (PJID) Rohil, Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Rohil serta Organisasi Pers dari Forum Pers Independen Indonesia (FPII) Rohil tersebut tampak dihadiri lebih kurang sebanyak 60 orang yang terdiri dari pimpinan media, kabiro dan wartawan dari media cetak dan online.


Mengenai data sejumlah nama perusahaan media yang ikut kerjasama pada tahun 2022 Diskominfotiks Rohil mengatakan, perusahaan media yang terdaftar pada sistem simatrik berjumlah 478 perusahaan pers, terdiri dari media online sebanyak 261, media cetak sebanyak 90 diantaranya harian sebanyak 19 sisanya mingguan.


Diskominfotiks juga menyampaikan yang mana ada perubahan soal kerjasama media dimasa mendatang melalui kesepakatan bersama, baik menyangkut soal pemberitaan, advertorial hingga iklan yang diterbitkan disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi anggaran, namun demikian perubahan untuk lebih baik menjaga hubungan kerjasama yang telah terjalin perlu masukan dan saran dari seluruh Insan Pers di daerah.


Ketua Perkumpulan Jurnalis Indonesia Demokrasi (PJI-Demokrasi) Rohil, Rudi Hartono Pasa, S.E., disela akhir pertemuan tersebut ikut menyampaikan usulannya soal kerjasama media pnline di Diskominfotik Rohil mesti dilakukan revisi ulang agar tidak terjadi ketimpangan dan kedepannya tidak ada lagi terkesan ada yang merasa dianaktirikan (diistimewakan) sehingga semuanya merasa memiliki hak yang sama dalam memproleh anggaran kerjasama media.


"Kami dari PJI Demokrasi Rohil, mengusulkan yang mana kerjasama media di Diskominfotiks Rohil mesti direvisi ulang, diantaranya sistem kerjasama harus satu pintu, yakni melalui organisasi Pers masing masing, sehingga dengan begitu kami yakin sistem kerjasama yang dibangun kedepannya akan lebih terkoordinir dengan baik, tidak ada lagi asumsi liar yang beredar kerna disitu sudah ada porsi masing masing dari organisasi, semoga hubungan baik yang selama ini terbangun dapat berjalan dengan baik, terimakasih," Tutup Rudi mengakhiri.**Ikang Fauzi. 


Sumber Humas PJI Demokrasi Rohil.