Jokowi dan KPK Akan ke Desa Telusuri Penggunaan Dana Desa -->

Iklan Semua Halaman

Jokowi dan KPK Akan ke Desa Telusuri Penggunaan Dana Desa

Monday, September 4, 2017

Lalulintaskriminalitas.com, Joko Wido  – Presiden Joko Widodo ingin Dana Desa yang diturunkan pemerintah digunakan dengan baik dan pas sasaran. Untuk itu, Jokowi berencana mengajak KPK turun ke desa mengecek sistem keuangan desa.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat berdialog dengan Kadiman, seorang kepala desa di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Jokowi bertanya apa yang dilakukan Kadiman setelah mendapat Dana Desa.

” Ceritakan apa yang sudah dilakukan setelah dapat Dana Desa. Dapatnya berapa tahun 2016? ” tanya Jokowi di Istana Negara dalam acara Pembukaan Rakornas Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2017 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/5/17).

” Rp 700 juta sekian, Pak, ” jawab Kadiman, seperti yang dirilis INDIKASINews. ” Gede banget dong, ya. Terus? ” tanya Jokowi lagi. ” Alhamdulillah, dengan sistem SisKeuDes (Sistem Keuangan Desa) kami dapat melakukan transparansi dan selalu terbuka untuk masyarakat, dari perencanaan hingga penggunaan.

Sehingga kita bisa melakukan pemeringkatan, mana yang perlu kita utamakan atau skala prioritas. Jadi kita selalu terbuka pada masyarakat serta kita juga membikin baliho supaya APBDes kita bisa dilihat masyarakat, kegunaannya apa saja, sehingga semua bisa memantau untuk apa, ” jelas Kadiman.

Jokowi juga kembali bertanya, apakah penduduk desa tersebut mengetahui anggaran yang diterima.

Sebab, Jokowi mengatakan pernah mengecek ke beberapa tempat, ada penduduk yang tidak tahu.

” Insyaallah tahu, Pak, karena kami setiap penganggaran itu rapat selalu mengundang banyak. Ini ada uang saya katakan, ingin dipakai apa. Yang perlu tidak melenceng dari RPJMDes kita serta RKP kita, ” kata Kadiman.

” Benar semua rakyat tahu, ya? ” tanya Jokowi lagi. ” Insyaallah, Pak, karena kita mengadakan papan informasi yang kita tempatkan di kantor desa di lokasi strategis. Jadi masyarakat tahu bahwa dana desa berapa PAD, berapa ADD (cek lagi), insyaallah terbuka, ” jawab Kadiman.

” Terbuka, ya? Tapi begini lo, nanti ke desa Bapak-bapak ini tidak sendirian lo. Saya ajak KPK, ” kata Jokowi. Mendengar pengucapan Jokowi, Kadiman juga mengakui siap keuangan desanya di check KPK. ” Insyaallah siap, Pak, ” tuturnya.

“Nampaknya percaya. Omongnya tuch terlihat, siap-nggak siap terlihat. Bila agak grogi, jadi tidak cek nanti. Namun kan ini tidak grogi, “ucap Jokowi tutup dialog dengan Kadiman. [IN-*Red]
Sumber: PPWIMediaNews.